Tim Biologi SITH Raih Juara dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi

Mahasiswa Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati berhasil meraih prestasi 1 emas dan 1 Perak dalam ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT). Pada tahap nasional ini, kontingen ITB berhasil mendominasi perolehan medali. Sebanyak 20 dari total 60 medali berhasil direbut, masing-masing 5 medali emas, 5 medali perak, 7 medali perunggu, dan 3 penghargaan honorable mention.

Ajang olimpiade sains dan matematika tahunan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) bertempat di Universitas Pendidikan Indonesia pada 28 Maret 2011 – 1 April 2011. Tahapan seleksi olimpiade bermula dari tingkat perguruan tinggi sejak Februari hingga Maret 2011, kemudian tingkat regional pada 6-7 April 2011, dan pada akhirnya tingkat nasional. Total peserta yang mengikuti olimpiade tingkat nasional sebanyak 204 peserta.

Potensi yang Besar dan Prestasi yang Harus Dipertahankan

“Biarpun kali ini ITB berhasil mendominasi perolehan medali di ajang ON MIPA-PT, kita harus terus berjuang agar dapat lebih baik lagi, ” tutur Dimas Ramadhan A. F. (Teknik Kimia 2009). Peraih medali perunggu ini berharap agar pembinaan praseleksi dapat lebih ditingkatkan lagi. “Kerjasama yang baik antara dosen dan mahasiswa dapat menciptakan mahasiswa-mahasiswa unggul yang siap bersaing dalam ajang ini, ” ujar Dimas.

Samantha Vivia (Biologi 2007) peraih medali perak menuturkan bahwa potensi mahasiswa ITB untuk dapat berprestasi dalam ajang olimpiade sains sangatlah besar. “Potensi mahasiswa ITB ditunjukkan oleh perolehan medali oleh mahasiswa angkatan 2010 yang baru saja masuk, ” ujar mahasiswi yang akrab disapa Vivi ini.

Sumber gambar: www.dikti.go.id