Fermenstation Dive in Taste

Jum’at, 9 November 2012, Program Studi Mikrobiologi SITH ITB menyelenggarakan acara yang diberi nama ‘Fermenstation Dive in Taste’. Acara ini merupakan runtutan acara tahunan, dimana pada tahun lalu diselenggarakan di Aula Timur ITB. Pada tahun ini dilaksanakan di Kampus ITB Jatinangor sekaligus memperkenalkan SITH kepada masyarakat.
Acara dimulai dengan sambutan dari panitia, dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan SITH dan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Organisasi (WRSO) ITB.
Pada acara Fermenstation ini diselenggarakan seminar dengan tema “Standardisasi Produk Makanan” yang disampaikan oleh Dr. Pingkan Aditiawati, Dosen Mikrobiologi ITB.
Selain seminar, diselenggarakan juga Pameran Makanan Fermentasi yang memamerkan makanan fermentasi berbahan dasar ikan. Produk yang dipamerkan adalah ikan rusip yang berasal dari Bangka, ikan Samu, kecap ikan, saus tiram, dan terasi.

Pengunjung dapat melihat produk-produk tersebut di FermenTunnel, yaitu terowongan yang berisi serba-serbi makanan fermentasi.

Di dalam FermenTunnel terdapat mini games yang dapat dimainkan oleh pengunjung.
Pengunjung juga dapat mencoba makanan lezat di FermenSaung dan terdapat juga UMKM yang memamerkan Peuyeum Cigendel, kopi kuwak, sambal pedas dan abon.
Siang harinya diselenggarakan lomba makan yang diikuti oleh 16 tim dari mahasiswa dan pelajar. Berbarengan dengan itu diselenggarakan workshop ‘Fermentasi manisan mangga’.
Selagi menikmati acara, pengunjung dapat menikmati berbagai hiburan musik live dan pertunjukan tradisional.
Antusismenya cukup baik dari masyarakat sekitar dan anak-anak SMA Jatinaggor. Pengunjung terdaftar lebih dari 350 orang.