Workshop Pengenalan Diri dan Tata Kelola SITH

Jum’at, 8 Maret 2013, SITH ITB menyelenggarakan acara “Workshop Pengenalan Diri dan Tata Kelola SITH” yang bertempat di Ruang Sidang SITH dan dihadiri oleh 30 orang peserta.

Dekan SITH dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa acara ini ditujukan bagi dosen-dosen yang baru, agar mengenal tata kelola institusi. Setiap institusi harus mengalokasikan waktu 100 jam untuk meningkatkan performa institusi terkait tridharma pendidikan tinggi. Misinya dalam proses pendidikan di ITB diaplikasikan applied approach. Template untuk assessment setiap dosen sudah ada di situs. Di setiap fakultas ada spesifisitas dalam pemberian tanggungjawab kepada setiap dosen, walaupun secara garis besar, semua mengikuti aturan Dikti. Asisten ahli (golongan 3A dan 3B) belum boleh mengajar, Lektor juga masih harus didampingi.Sesuai dengan status fungsional, masing-masing punya hak. Misalnya dalam kewenangan pengajaran, walaupun asisten ahli belum boleh mengajar, tetapi pembinanya boleh menugaskan bawahannya untuk mengajar dalam rangka pembinaan. Selain pengajaran, asisten ahli juga belum boleh membimbing walaupun sudah Doktor. Doktor itu pengakuan keahlian sesuai bidangnya. Tetapi untuk dapat mengajar dan membimbing dengan baik, perlu pengetahuan pedagogik tersendiri, yang tidak didapatkan dari program doktoral (kecuali untuk lulusan UPI).

Acara ini akan diselenggarakan dalam 5 pertemuan, dan diharapkan dari sini bisa berbagi dan melakukan evaluasi dengan baik.

Acara selanjutnya “Pengenalan Diri” yang disampaikan oleh Dra. Sri Wahyuni MS (psokolog). Dalam sesi ini para peserta menyampaikan deskripsikan diri, sekaligus menyampaikan kesan-kesan pertama bekerja di ITB.