Kuliah Tamu Prof. Dr. Shigehiko Suzuki

Kuliah tamu perdana yang bertema: “Trends and Technology For Wood-based Material in Japan” telah diprakarsai oleh Kelompok Keilmuan (KK) Teknologi Kehutanan SITH ITB pada hari Selasa tanggal 29 Oktober 2013 pukul 14.30 – 16.30 di Gedung Kuliah Umum (GKU) Kampus ITB Jatinangor. Pembicara pada kegiatan kuliah tamu ini adalah Prof. Dr. Shigehiko Suzuki (Vice Rector of Shizuoka University) dari Departemen Environtment and Forest Resources Science Faculty of Agriculture and Graduate School of Agriculture Shizuoka University Japan. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari enam puluh peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen SITH ITB. Salah satu tujuan diselenggarakannya kuliah tamu ini adalah untuk meperkenalkan dan memberikan wawasan yang lebih luas tentang dunia kehutanan dan industry kehutanan kepada seluruh mahasiswa SITH ITB. Harapannya, KK Teknologi Kehutanan SITH ITB dapat lebih berperan dalam turut serta meningkatkan produktivitas, kualitas dan efisiensi sumberdaya hutan dan hasil hutan.

Kuliah tamu yang dimoderatori oleh Dr. Endah Sulistyawati ini membahas situasi dan perkembangan kualitas dan kuantitas kayu di Jepang sebagai bahan baku industr kayu lapis (plywood), laminated veneer lumber (LVL), oriented strandboard (OSB), glued laminated lumber (Glulam) dan kelompok wood komposit lainnya. Dalam pemaparannya Prof. Dr. Shigehiko Suzuki menyampaikan bahwa sumber bahan baku kayu saat ini mulai beralih dari hutan alam ke hutan tanaman dan bahkan sudah mulai beralih ke pemanfaatan limbah dari bangunan/perumahan yang sudah berusia tua dan akan direnovasi. Hal ini tentu saja mendorong kelompok ilmuwan dan industri di Jepang untuk mengembangkan teknologi dan mesin-mesin pengolah kayu yang baru yang disesuaikan dengan ketersedian ukuran dan kualitas bahan baku kayu itu sendiri. Menurutnya kondisi ini akan terus berlanjut karena semakin lama kita akan dihadapkan pada sebuah kenyataan bahwa ukuran dan kualitas bahan baku kayu akan terus mengalami penyusutan dan bahkan sampai dengan pemanfaatannya dalam skala nano.

Di akhir presentasinya, Prof. Dr. Shigehiko Suzuki menyampaikan apresiasinya atas partisipasi aktif mahasiswa untuk berdiskusi dan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kritis mengenai keberadaan hutan sebagai sumber bahan baku kayu dan teknologi sebagai alat mengkonversi bahan baku menjadi bahan jadi atau setengah jadi baik yang terjadi di Indonesia maupun di Jepang. Sesi kuliah tamu ini ditutup dengan photo bersama pembicara dan peserta.

 

Berita Terkait