KK-MSDH: Pengembangan dan Pengelolaan Jasa Lingkungan di Jawa Barat

Sebagai tindak lanjut dari kuliah tamu dan diskusi pada tanggal 26 Nopember 2013 dengan tema “Pemanfaatan Jasa Lingkungan Sebagai Era Baru Kehutanan 2020” oleh Dr. Ir. Bambang Supriyanto, MSc. Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung Kementrian Kehutanan Republik Indonesia, Kelompok Keahlian Manajemen Sumber Daya Hayati (KK-MSDH) SITH-ITB melaksanakan Workshop/Lokakarya dengan tema “Pengembangan dan Pengelolaan Jasa Lingkungan di Jawa Barat” pada hari Kamis, 5 Desember 2013 di Gedung Kuliah Umum (GKU), Kampus ITB Jatinangor.

Lokakarya ini menghadirkan Ir. Hj. Dewi Nurhayati, Msi. (Kepala Bidang Konservasi Sumber daya Alam dan Mitigasi Bencana, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Jawa Barat) sebagai pembicara utama.

Landasan filosofis Kebijakan Pengelolaan Jasa Lingkungan : 1. Kondisi kualitas lingkungan yang terus menurun yang akan mengancam kelangsungan perikehidupan. 2. Lingkungan hidup merupakan satu kesatuan ekosistem yang saling berkaitan antara wilayah hulu hilir, antar sektor, antar wilayah administrasi dan multistakeholder. 3. Belum adanya penilaian yang memadai dari wilayah yang menikmati jasa lingkungan terhadap wilayah yang menyediakan jasa lingkungan.

Berita Terkait