Pertukaran Mahasiswa Kookmin University Korea

sumber : www.itb.ac.id

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB dikunjungi oleh 53 mahasiswa Kookmin University Korea dalam acara International Student Exchange Program “Forest Science and Forest Product Technology”. Pertukaran pelajar tersebut berlangsung selama seminggu (03-10/02/2014) penuh, dalam acara ini mereka akan belajar mengenai kehutanan di SITH ITB kampus ITB Jatinangor.

Pada Selasa (03/02/2014), SITH ITB mengadakan acara pembukaan untuk menyambut para mahasiswa College of Forest Science, Kookmin University. Acara tersebut dibuka oleh penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara SITH ITB dan Kookmin University. Isi dari MoU tersebut antara lain meningkatkan promosi bidang kehayatian , kerjasama untuk program pertukaran pelajar, kerjasama dalam bidang penelitian, dan menjalin hubungan baik antar kedua universitas.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari dekan College of Forest Science Kookmin University, Prof. Hyoung-Jin Kim. Dalam sambutannya tersebut, ia merasa sangat senang bisa menjalin kerjasama dengan SITH ITB dan berharap kerjasama tersebut membuahkan hasil yang positif tentunya di bidang kehutanan. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan SITH ITB, Prof. Tati Suryati. Ia menjelaskan selain agar terjalin kerjasama, program pertukaran pelajar internasional ini sebagai salah satu agenda untuk akreditasi Rekayasa Kehutanan sebagai prodi yang terbilang baru di ITB.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Dr. Hikmat Ramdan (Kelompok Keahlian Manajemen Sumber Daya Hayati SITH ITB). Kuliah umum tersebut bertemakan An Overview of Forest in Indonesia. Ia memperkenalkan bagaimana kondisi hutan tropis Indonesia serta manfaatnya bagi kelangsungan hidup manusia khususnya Indonesia.

Para mahasiswa Kookmin University akan mengambil kredit 2 sks dengan 56 jam tatap muka di Rekayasa Kehutanan ITB. Hasil belajar selama seminggu penuh tersebut akan dievaluasi dengan ujian. Masing-masing mahasiswa akan mendapatkan indeks sesuai hasil uji kemampuan masing-masing. Selain itu, mahasiswa Kookmin University juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa Rekayasa Kehutanan ITB dalam beberapa kuliah tamu yang diselenggarakan di kelas yang sama. Hal tersebut ditujukan agar antar mahasiswa dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman dari negara masing-masing.

Tak hanya itu, para mahasiswa Korea tersebut juga akan mengadakan kunjungn wisata ke Gunung Tangkuban Perahu dan beberapa daerah di Bandung. Selain itu, mahasiswa SITH ITB dan Kookmin University akan mengadakan Cultural Evening pada Minggu (09/02/2014) di Gedung Serbaguna ITB Jatinangor untuk menampilkan dan berbagi kebudayaan daerah kedua negara.