Kuliah Umum Eksplorasi Ilmiah Lengguru 2014 Karst Papua

Eksplorasi Ilmiah Lengguru 2014 diselenggarakan di Papua pada 17 Oktober – 20 November 2014. Karst Papua Barat merupakan daerah tidak terjamah yang mempunyai cadangan keanekaragaman hayati yang unik dan tempat hidup sebagian besar spesies endemi. Dalam rangka eksplorasi tersebut SITH mengundang Nicolas Hubert dari Institut Francais Indonesia (IFI) untuk menyampaikan kuliah umum di Ruang Audio Visual, Perpustakaan ITB Lt. IV, selasa 20 Oktobek 2014.

Diprakarsai oleh Institut Penelitian dan Pembangunan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Akademi Perikanan Sorong, dengan dukungan dari komunitas COLAS, program Lengguru 2014 mengajak sekitar 95 ilmuwan dari Eropa dan Indonesia. Program ini merupakan ekspedisi ilmiah terpenting yang belum pernah diadakan di Indonesia yang bermanfaat untuk mengkaji keanekaragaman hayati yang luar biasa, memahami lebih baik tahap-tahap tanggung jawab dalam pembentukan dan pemeliharaan keanekaragaman hayati pada ekosistem yang ekstrim ini.

Petualangan ilmiah dan humanis yang tidak lazim, Ekspedisi merupakan kesempatan untuk menumbuhkan kesadaran khalayak umum, khususnya pada pemuda, dalam perannya untuk mencari tahu, mengenal dan menjaga keanekaragaman hayati. Berbagai pameran dan kegiatan akan diadakan di Prancis, di Indonesia dan di Papua tentang program pendidikan dan budaya ini.