Pameran Pengenalan Fakultas pada Mahasiswa Baru ITB

Selasa 9 Juni 2015, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ikut berpartisipasi dalam pameran pengenalan fakultas untuk mahasiswa baru yang diadakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB. Pameran ini diadakan sebagai bentuk awal pengenalan lebih lanjut mahasiswa baru ITB 2015, khususnya mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, terhadap fakultas-fakultas yang ada di ITB, termasuk fakultas tempat mahasiswa tersebut diterima. Pada Pameran yang diadakan di selasar Sabuga tersebut, SITH memperkenalkan seluruh program studi sarjana yang ada, yaitu SITH Sains (Program Studi Biologi dan Mikrobiologi) dan SITH Rekayasa (Program Studi Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, dan Teknologi Pasca Panen). Program studi Teknologi Pasca Panen merupakan program studi yang baru menerima mahasiswa pada tahun ajaran 2015 ini.

Mahasiswa baru yang mendatangi stand SITH tidak hanya berasal dari SITH, namun juga banyak mahasiswa baru dari fakultas lain yang tertarik dengan program studi di SITH serta alat-alat peraga yang ditampilkan, seperti dari Sekolah Farmasi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Teknologi Industri. Mahasiswa baru SITH 2015 yang mengunjungi stand SITH berasal dari berbagai daerah, antara lain Jakarta, Bandung, Bogor, Purwakarta, Cirebon, Cilacap, Padang, Medan, Madura, Purwokerto, Yogyakarta, dan Bali. Dekan SITH, Dr. I. Nyoman P. Aryantha, dan Ketua KK Teknologi Kehutanan SITH, Dr. Endah Sulistyawati, juga turut hadir dan mengunjungi stand SITH untuk meilhat aktivitas para mahasiswa baru.

Beberapa alat dan bahan yang biasa digunakan dalam pelaksanaan praktikum, kuliah, maupun kuliah lapangan ditampilkan di stand SITH. Alat dan bahan koleksi SITH yang dipamerkan tersebut antara lain Buku Identifikasi Burung-Burung di Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan; awetan kering Kupu-kupu Dempo Sumatera Selatan dan Kumbang Bukit Barisan Sumatera; awetan basah Kodok dan Bunga Bangkai, awetan kering (opset Burung dan Bajing), sampel kultur murni bakteri (Bacillus, Pseudomonas, Lactobacillus, dan lain-lain); sampel kultur murni ragi (Rhodotorulla rubra dan lain-lain) dan jamur (Jamur kuping, Ganoderma, Marasmius sp., Aspergilus niger, Penicillium, dan lain-lain); kultur murni Lichen; sampel kayu; log budidaya Jamur Tiram; kultur jaringan tanaman Nilam, Lidah Buaya, Keladi, Purwoceng, Colous, dan aneka Anggrek (antara lain Anggrek Three Color dan Anggrek D. Helix). Turut dipamerkan juga tenda dan alat masak portable yang biasa digunakan untuk kuliah lapangan mahasiswa. Selain melihat koleksi alat dan bahan, SITH juga menampilkan demonstrasi pembuatan pelet jamur Tiram serta penggunaan monokuler dan binokuler untuk pengamatan objek jarak jauh. Di stand SITH, para mahasiswa baru sangat antusias untuk mengikuti demonstrasi dan mencoba beberapa alat peraga yang ditampilkan. Mahasiwa juga berdiskusi mengenai cara pembuatan awetan basah dan kering, pembuatan log jamur, pembuatan biakan jamur dan bakteri, serta fermentasi makanan. Selain itu, ditampilkan juga film pengenalan mengenai SITH serta foto-foto kegiatan mahasiswa dan dosen saat perkuliahan di kelas, laboratorium, maupun di lapangan.

Meskipun kebanyakan para mahasiswa baru yang mengunjungi stand SITH sudah pernah mendapatkan informasi mengenai SITH baik dari web site SITH maupun promosi pengenalan program studi yang dilakukan oleh para mahasiswa SITH yang merupakan alumni sekolah yang bersangkutan, akan tetapi mereka antusias untuk bertanya lebih lanjut mengenai jenis mata kuliah – mata kuliah yang di ajarkan di masing-masing program studi, perbedaan antara program studi sains dan rekayasa, prospek lulusan, kegiatan himpunan SITH, maupun tips atau strategi sukses belajar di ITB.

Melalui kegiatan pameran ini diharapkan para mahasiswa baru mendapatkan informasi yang lebih mendalam mengenai kegiatan akademis, organisasi, dan fasilitas di SITH. Mahasiwa baru juga mendapat pengenalan awal mengenai suasana belajar yang akan dirasakan selama menempuh studi sarjana di SITH. Testimonial dari beberapa alumni SITH yang sudah lulus dan bekerja maupun melanjutkan studi di luar negeri juga ditampilkan untuk memberi gambaran kepada mahasiswa baru mengenai prospek lulusan mahasiswa SITH dan kesan-kesan selama menempuh pendidikan di SITH. Kesan dari beberapa mahasiswa yang berkunjung ke stand SITH juga menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberikan semangat yang lebih baik untuk belajar di ITB. Mereka berharap di pameran selanjutnya akan lebih banyak lagi alat peraga maupun hasil-hasil penelitian yang ditampilkan.

Foto Selengkapnya…