Tim Biologi (SITH-ITB) raih juara di ON-MIPA PT 2015

Empat orang mahasiswa jurusan Biologi SITH ITB berhasil meraih penghargaan pada lomba olimpiade nasional matematika dan ilmu pengetahuan perguruan tinggi (ON MIPA PT) yang diadakan di Surabaya pada tanggal 24-28 Mei lalu. Para peraih penghargaan tersebut yaitu Mhd. Fauzi Ramadhani Nasution (Biologi 2012) yang mendapatkan medali emas pertama, Tirta Widi Gilang Citradi (Biologi 2013) mendapatkan medali perak, Fania Feby Ramadhani (Biologi 2013) mendapatkan medali perunggu, dan Khoirunnisa Istiqomah (Biologi 2011) mendapatkan honorable mention.

ON MIPA PT adalah olimpiade berbasis keilmuan matematika dan IPA yang diselenggarakan setiap tahunnya untuk mahasiswa perguruan tinggi oleh Direktorat Jendral Perguruan Tinggi. Bidang yang dilombakan ada empat, yaitu matematika, fisika, kimia, dan biologi. Untuk bidang biologi materi yang diujikan mencakup materi yang dipelajari jurusan biologi pada umumnya, seperti biologi sel, fisiologi dan metabolisme, ekologi, dan evolusi. Sebelum bisa mencapai tahap nasional peserta harus melewati tiga kali seleksi terlebih dahulu, yaitu seleksi tingkat kampus, seleksi tingkat kopertis, dan seleksi tingkat nasional. Tipe soal yang diujikan berupa isian dan uraian untuk tingkat regional dan soal uraian untuk tingkat nasional.

Untuk tahun ini, ON MIPA PT diselenggarakan pada tanggal 24-28 Mei di Hotel Pullman, Surabaya. Jumlah peserta per bidang sebanyak 64 orang dengan total peserta 256 orang. Tahun ini ITB kembali meraih gelar juara umum dengan total perolehan medali sebanyak 22 medali, diikuti oleh UI dan UGM. Mahasiswa yang mewakili ITB dalam ON MIPA ini tidak hanya berasal dari jurusan sains, tetapi ada juga yang berasal dari teknik. Untuk bidang biologi diwakili oleh 4 orang yang keempatnya berasal dari jurusan biologi.

Ref : http://www.sith.itb.ac.id/prodibios1/?p=661

Berita Terkait