Opening 3rd International Student Exchange Program with Kookmin University, Korea

Tahun 2016 kali ini tepatnya antara 22 Januari sampai 4 Februari kembali diselenggarakan International Student Exchange antara SITH ITB dan Coolege of Forest Science, Kookmin University, Korea. Acara tersebut merupakan kegiatan pertukaran pelajar ketiga yang dilaksanakan berdasarkan Memorandum of Agreement (MoA) antara kedua pihak dalam berbagai bidang terkait kehutanan.

Program-program yang dilenggarakan adalah penyampaian materi kuliah di kelas dan kunjungan lapangan berupa praktik-praktik pengelolaan hutan dan industry hasil hutan. Kegiatan ini sebagian besar dilaksanakan di lingkungan ITB kampus Jatinangor dan sebagian lagi di kampus ITB Ganesha. Partisipan terdiri atas mahasiswa Kookmin University sebanyak 33 orang dari program studi forestry, environment & systems dan forest product & biotechnology. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh 14 mahasiswa Program Studi Rekayasa Kehutanan SITH-ITB dan 4 orang dari Program Studi Biologi SITH-ITB. Seluruh peserta secara formal terdaftar sebagai peserta kelas mata kuliah BW4105 Kapita Selekta Kehutanan (2 SKS).

Opening ceremony dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2016. Diawali dengan sambutan dari Dr. Dian Rosleine selaku ketua panitia menyampaikan laporan persiapan dan rencana pelaksanaan kegiatan, diikuti oleh sambutan Dekan SITH-ITB, Dr. I Nyoman P. Aryantha sekaligus membuka secara resmi acara student exchange ini. Dr. Nyoman menyampaikan dalam sambutannya bahwa SITH-ITB selalu membuka dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini sangat mendukung peningkatan kapasitas institusi dan sumberdaya di dalamnya. Kerjasama dengan Kookmin University ini sangat besar dampaknya bagi SITH-ITB terutama bagi program studi biologi dan rekeyasa kehutanan. Pada tahap-tahap berikutnya SITH-ITB akan meningkatkan program kerjasama ini dalam bidang penelitian dan peningkatan jenjang pendidikan S2 dan S3. Sambutan lainnya disampaikan oleh Prof. Hyoung Jin Kim selaku senior professor yang pada tahun sebelumnya sebagai dekan. Prof. Kim menyampaikan bahwa program student exchange ini telah menjadi program yang representative khususnya dalam menghasilkan minat bagi mahasiswa Kookmin University (KMU) untuk mempelajari bidang ilmu kehutanan di Indonesia tepatnya di SITH-ITB, dan diharapkan dapat terus dilanjutkan sebagai program rutin keduainstitusi. Disamping bentuk kunjungan mahasiswa KMU ke Indonesia, mahasiswa-mahasiswa SITH-ITB juga dapat mengikuti berbagai program serupa atau dalam bentuk melanjutkan studi S2 di KMU. Sambutan terakhir disampaikan oleh Dekan College of Forest Science Prof. Yoon Young Kyoon. Bentuk apresiasi yang tinggi beliau sampaikan kepada SITH-ITB yang telah menerima dan membimbing mahasiswa KMU. Selanjutnya acara pembukaan diakhiri dengan penyampaian momento kedua institusi dan foto bersama.

Kegiatan pada hari pertama dilanjutkan dengan pemberian materi kuliah “forest microbiology” oleh Dr. Nyoman P. Aryantha. Materi diikuti dengan antusiasme tinggi para peserta karena termasuk materi baru dalam studi ilmu kehutanan khususnya padaprogram strata 1. Dalam paparannya, Dr. Nyoman menekankan pentingnya peran dari mikroorganisme dalam suatu ekosistem hutan sehingga hutan dapat menjalankan berbagai proses ekologis. Selain peserta utama student exchange, kuliah ini juga diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dan dosen-dosen yang ada di kampus ITB Jatinangor.

Kegiatan student exchange ini terdiri atas materi-materi terkait kehutanan dan lingkungan yang disampaikan dalam bentuk kuliah di kelas dan kunjungan lapangan. Materi-materi kuliah antara lain disampaikan oleh Dr. I Nyoman P. Aryantha (forest microbiology); Dr. Devi N. Choesin (tropical forest ecology); Dr. Endah Sulistyawati (overview of Indonesian forestry); Prof. Tati S. Syamsudin (interaction between animal and plants); Dr. Elham Sumarga (ecosystem services); Dr. Eka Alamsyah dan Dr. Ihak Sumardi (wood properties); dan Dr. Tien Lastini (community forest).

Materi kuliah juga akan disampaikan oleh tiga pembicara dari Korea yang akan dilaksanakan dalam bentuk seminar di kampus ITB Ganesha pada tanggal 26 Januari 2016, menghadirkan pembicara dari KMU (Prof. Yoon Young Kyoon); embassy of Republic Korea (Mr. Lee Sangick) dan Dirjen Korindo Forestry Cooperation (Oh Key Pyo).

Kegiatan kunjungan lapangan antara lain melihat aktivitas para kelompok tani yang tergabung dalam Forum Komunikasi Gunung Geulis binaan SITH-ITB di wilayah Jatinangor; kunjungan ke Balai Besar Pulp dan Kertas di Bandung dan PT. Kertas Padalarang di Bandung.

Selain kegiatan tersebut, para mahasiswa dari kedua institusi akan menggelar pentas seni dan budaya “cultural night” pada tanggal 31 Januari 2016 di kampus ITB Jatinangor. Acara ini akan menghadirkan pertukaran budaya kedua Negara dan disertai juga dengan aneka permainan. (Reported by Ichank, Uli and Sisil)