Workshop Basic Cell Culture and Cell Analysis Using Flow Cytometry

Kelompok Keahlian Fisiologi, Perkembangan Hewan dan Sains Biomedik (KK FPHSB) SITH-ITB bekerja sama dengan BD Bioscience, supplier alat Flow Cytometry menyelenggarakan kegiatan workshop pada tanggal 11-12 Agustus 2016 lalu. Kegiatan bertajuk “Workshop Basic Cell Culture and Cell Analysis Using Flow Cytometry” tersebut diadakan untuk menjawab kebutuhan para pelaku industri dan penelitian terkait teknik sel kultur dan aplikasinya, terutama dari bidang kesehatan, serta sebagai implementasi ilmu dan keterampilan yang dimiliki oleh anggota KK FPHSB.

Bertempat di Labtek XI, gedung SITH ITB, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti sebanyak 16 orang peserta dengan latar belakang industri serta lembaga penelitian berbasis kesehatan seperti BATAN, BIOFARMA, RS DHARMAIS, UPT Teknologi Kedokteran Sel Punca RSCM-FKUI, FKG-UNPAD, dan juga dari Universitas Negeri Malang. Kegiatan workshop secara garis besar terdiri dari kuliah terkait teknik dasar dan aplikasi kultur yang diisi oleh dosen-dosen KK FPHSB yang telah berpengalaman di bidangnya, serta hands-on workshop teknik-teknik kultur sel dan analisis sel menggunakan Flow Cytometry di laboratorium.

Kegiatan workshop dibuka pada tanggal 11 Agustus 2016 langsung oleh Bapak Dr. I Nyoman P. Ariantha selaku Dekan SITH ITB, dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua KK FPHSB, Ibu Dr. Anggraini Barlian, selaku ketua penyelenggara. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kuliah tentang Safety Laboratory yang disampaikan oleh Dr. Indra Wibowo serta kuliah Basic Cell Culture and Application yang disampaikan oleh Dr. Anggraini Barlian. Setelah pemberian materi kuliah di dalam kelas, peserta workshop diarahkan ke laboratorium kultur sel untuk melakukan hands-on langsung mencoba melakukan teknik kultur sel dasar seperti teknik pembuatan medium, Cell thawing and seeding techniques, teknik subkultur, serta teknik cryopreservasi. Animo peserta sangat terlihat saat mempraktekkan langsung materi teknik dasar kultur sel di laboratorium.

Kegiatan workshop pada hari kedua, tanggal 12 Agustus 2016 berisi aplikasi teknik dasar kultur sel serta teknik analisis sel menggunakan Flow Cytometry. Kegiatan dibuka dengan kuliah tentang Application Of Cell Culture Techniques In Cancer Cells Study yang disampaikan oleh Dr. rer. Nat. Marselina I. Tan. Kemudian dilanjutkan dengan praktek treatment apoptosis sel kanker menggunakan agen apoptosis. Setelah makan siang, peserta kemudian mendapatkan materi kuliah dari BD Bioscience tentang prinsip kerja dan aplikasi dari alat Flow Cytometry. Peserta sangat tertarik terhadap penjelasan tentang alat Flow Cytometry karena alat ini merupakan alat yang cukup baru dan sangat terkait dengan aplikasi kultur sel. Setelah penjelasan tentang alat tersebut diberikan, peserta workshop kembali ke laboratorium untuk mencoba langsung menganalisis kultur sel yang telah diberi perlakuan dengan agen apotosis tadi melalui analisis Flow Cytometry. Peserta terlihat sangat tertarik dengan aplikasi dan penggunaan Flow Cytometry untuk sel analisis, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan seputar aplikasi alat tersebut untuk analisis kultur sel.

Acara workshop Basic Cell Culture and Cell Analysis Using Flow Cytometry kemudian ditutup oleh perwakilan dosen KK FPHSB, Dr. rer.Nat. Marselina I. Tan, dan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat pada peserta workshop, serta kegiatan foto bersama. Berdasarkan feedback dari peserta workshop, kegiatan workshop ini berlangsung lancar dan memuaskan keingintahuan peserta tentang teknik dasar kultur sel dan analisisnya menggunakan flow cytometry. Berdasarkan feedback tersebut pula, peserta menyarankan untuk dilaksanakan lagi kegiatan workshop serupa di waktu mendatang.

(Penulis : Fitria Dwi A.)

 

 

Berita Terkait