Kunjungan BPMERU Malaysia ke SITH Untuk Menjalin Kerjasama Riset

Tidak hanya fokus kepada penelitian dan pengabdian masyarakat, Kelompok Keahlian Agroteknologi dan Teknologi Bioproduk SITH ITB juga fokus untuk menjalin kerja sama yang luas dengan berbagai institusi yang mendukung, baik dalam dan luar negeri. Hari Senin (22/8) lalu, KK ATB mendapat kehormatan untuk menjadi penyelenggara acara kunjungan dari BioProcess and Molecular Engineering Research Unit, atau yang biasa disingkat BPMERU, dari International Islamic University Malaysia (IIUM). Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengadakan diskusi dengan pihak dekanat dan berbagai kelompok keahlian di SITH dalam menjalin sebuah bentuk kerja sama.

Diskusi yang dihadiri oleh 8 anggota BPMERU tersebut berlangsung aktif dengan topik pembahasan yang menarik. Acara dimulai pukul 09.00 pagi di Ruang Sidang Lt. 2 SITH dan diawali dengan pembukaan oleh Dekan SITH, Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dan dilanjutkan dengan perkenalan BPMERU oleh Dr. Azura Amid sekali koordinator. Tujuan dari perbincangan tersebut adalah menjalin sebuah bentuk kerja sama jangka panjang antara SITH dan IIUM, khususnya di bawah naungan BPMERU. Seusai diskusi, anggota BPMERU diarahkan untuk mengunjungi beberapa laboratorium SITH yang berkaitan dengan beberapa keilmuan yang terdapat di dalam organisasi BPMERU. Kelompok Keahlian di SITH yang berkaitan antara lain adalah KK Agroteknologi dan Teknologi Bioproduk, Sains dan Bioteknologi Tumbuhan, Mikrobiologi, Fisiologi Perkembangan Hewan dan Sains Biomedika, dan Genetika dan Biologi Molekuler.

Acara kunjungan laboratorium ini dimulai dari lantai 4 SITH dengan mengunjungi Lab. Bioremediasi dan Lab. Bioproses 1 yang berkaitan dengan KK Mikrobiologi. Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Lab. Transformasi dan Mikropropagasi dan Ruang Kultur Jaringan Tumbuhan yang berkaitan dengan KK Sains dan Bioteknologi Tumbuhan. Di lantai 3 SITH, pihak BPMERU diajak mengunjungi Lab. Fisiologi Hewan, Lab. Toksisitas, dan Lab. Uji Hayati Serangga yang berkaitan dengan KK Fisiologi Perkembangan Hewan dan Sains Biomedika. Kunjungan laboratorium SITH oleh pihak BPMERU kemudian diakhiri dengan mengunjungi Lab. Analisis Kromosom dan Lab. Analisis Molekuler yang berkaitan dengan KK Genetika dan Biologi Molekuler SITH. Kegiatan kunjungan laboratorium SITH tersebut berlangsung lancar dengan penjelasan yang baik dari setiap perwakilan laboratorium. Diskusi yang aktif juga terjadi di setiap laboratorium yang dikunjungi, karena pihak SITH dan BPMERU dapat saling bertukar informasi mengenai penelitian apa yang telah atau sedang dilakukan sehingga menambah wawasan kedua pihak.

Setelah istirahat makan siang, acara dilanjutkan dengan pertemuan pihak BPMERU dengan anggota KK ATB. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas kondisi dan kemajuan dari penelitian – penelitian yang telah dilakukan dari kedua pihak dan mencari kesempatan yang tepat untuk menjalin kerja sama. Dr. Robert Manurung selaku ketua KK ATB memulai diskusi dengan penjelasan mengenai profil KK ATB, perkenalan anggota, dan penelitian utama yang sedang berlangsung. Luasnya bidang keilmuan dan kepiawaian anggota BPMERU dalam komersialisasi industri hasil penelitian laboratorium menjadi alasan yang kuat bagi KK ATB untuk menjalin kerja sama dan mengembangkan berbagai penelitian dengan pihak BPMERU. Beberapa topik besar permasalahan yang menarik untuk menjadi topik penelitian bersama adalah produksi biogas dari POME (Palm Oil Mill Effluent), pengolahan bioproduk dari singkong, pemanfaatan sorgum dengan konsep biorefinery, dan integrated-farming dari tanaman arrowroot pada lahan agroforestry.

Kedua pihak sepakat dalam hal pengembangan hasil penelitian skala laboratorium menjadi skala besar, yang paling penting adalah “knowledge transfer to the industry” sehingga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dr. Azura Amid menyampaikan bahwa pekerjaan rumah masing – masing pihak seusai pertemuan ini adalah mempersiapkan strategi pergerakan berupa proyek kecil ataupun besar yang akan dikerjakan bersama – sama antara pihak KK ATB dan BPMERU. Diharapkan dalam waktu dekat, kedua pihak dapat memulai suatu proyek penelitian bersama yang pada akhirnya akan menghasilkan hasil yang bermanfaat. (PI)

Pemberian cinderamata oleh Dr. Azura Amid (kanan) selaku Koordinator BPMERU kepada Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha selaku Ketua Dekan SITH

Kunjungan pihak BPMERU ke Laboratorium Fisiologi Hewan SITH

Foto bersama anggota KK ATB dengan BPMERU

Pemberian cinderamata dari Dr. Robert Manurung selaku Ketua KK ATB kepada Dr. Azura Amid selaku Koordinator BPMERU

Berita Terkait