Syukuran Wisuda Periode Oktober 2016 SITH-ITB

Wisuda merupakan salah satu hal yang ditunggu oleh para mahasiswa, yaitu suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar di bangku perkuliahan. Jumát, 21 Oktober 2016 menjadi hari yang sangat bahagia bagi seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan masa belajarnya, dimana hari itu para mahasiswa Institut Teknologi Bandung khususnya mahasiswa Sekolah Ilmu dan Teknologi (SITH-ITB) diwisuda. Wisuda periode ini berbeda dengan sebelumnya, dikarenakan wisudawan Program Sarjana SITH-ITB dilangsungkan hari Jumát sedangkan sebelum-sebelumnya dilangsungkan pada hari Sabtu. Dan perbedaan yang lain yaitu lahirnya wisudawan dari Program Studi baru SITH-ITB. Program Studi Rekayasa Kehutanan dan Program Studi Rekayasa Pertanian yang merupakan program studi baru yang bertempat di Kampus ITB Jatinangor melahirkan 83 Wisudawan pada periode ini.

Segala bentuk kebanggaan, kebahagiaan dan rasa syukur para wisudawan, SITH-ITB mewadahi dalam acara Syukuran Wisuda. Syukuran Wisuda periode Oktober 2016 ini diselenggarakan di salah satu gedung yang menjadi simbol ITB yaitu Aula Barat ITB Jl. Ganesa 10 Bandung. Sebanyak 221 Wisudawan dari beberapa Program Studi SITH-ITB diundang untuk ikut serta dalam semaraknya acara Syukuran Wisuda ini. Jumlah Wisudawan periode Oktober 2016 terdiri dari 39 Program Studi Sarjana Biologi, 25 Program Studi Sarjana Mikrobiologi, 25 Program Studi Sarjana Rekayasa Hayati, 30 Program Studi Sarjana Rekayasa Kehutanan, 53 Program Studi Sarjana Rekayasa Pertanian, 24 Program Studi Magister Biologi, 7 Program Studi Magister Biomanajemen, 16 Program Studi Magister Bioteknologi, dan 2 Program Studi Doktor Biologi. Bukan hanya para wisudawan tetapi juga Orang Tua wisudawan, Dosen dan sejumlah Tenaga Kependidikan SITH-ITB juga mewarnai acara tersebut.

DSC_9517Dekan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – ITB, Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha memberikan sambutan pertama sekaligus membuka acara Syukuran Wisuda tersebut. Pada sambutannya Dekan SITH-ITB mengucapkan selamat kepada para Wisudawan, kepada para Orang Tua Wisudawan atas kelulusan putra-putrinya sehingga dapat mengikuti wisuda pada periode Oktober 2016 ini. Selain ucapan selamat sambutan Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha juga berisi beberapa nasihat khususnya kepada para wisudawan yang akan membuka gerbang untuk masuk ke dunia sesungguhnya yaitu dunia sosial bersama masyarakat. Dengan rasa bangga dan rasa syukur yang mendalam, Dekan SITH-ITB mengucapkan terimakasih kepada para Civitas Akademika dan kepada Orang Tua yang sudah bersama-sama melahirkan para wisudawan. Pada kesempatan tersebut Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha selaku Dekan SITH-ITB juga memperkenalkan para Dosen dan para Ketua Program Studi yang hadir.

DSC_9541Sambutan selanjutnya diberikan kepada perwakilan orang tua mahasiswa. Sambutan tersebut juga berisi ucapan selamat kepada para wisudawan dan ucapan terimakasih untuk para dosen yang sudah memberikan ilmu dan pengalaman kepada putra-putrinya dan ucapan terimakasih kepada para Tenaga Kependidikan juga disampaikan olehnya . Dan beberapa nasihat juga menjadi renungan untuk para DSC_9560wisudawan, yang akan melepas status mahasiswanya. Tidak hanya perwakilan dari orang tua wisudawan, sambutan atau kesan dan pesan juga disampaikan oleh perwakilan wisudawan Program Magister dan Program Sarjana. Perwakilan dari wisudawan memberikan beberapa patah kata sebagai rasa syukur telah
tercapainya satu cita-cita dalam menimba ilmu di bangku kuliah. Pengorbanan waktu, materi dan pikiran yang sudah dilewati seolah menjadi pupuk untuk mendapatkan buah yang manis. Ucapan rasa terimakasih kepada orang tua, kepada semua dosen dan kepada semua Civitas Akademika SITH-ITB menjadi hal yang utama pada kesempatan tersebut.

DSC_9712Acara Syukuran Wisuda periode Oktober 2016 juga diwarnai penampilan-penampilan para mahasiswa yang berbakat. Lagu daerah, Tarian Tradisional dan lagu-lagu lainnya menjadi penghangat acara tersebut. Penampilan tersebut disajikan oleh beberapa himpunan mahasiswa yang ada di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati-ITB. Selain itu sejumlah kenang-kenangan juga diberikan oleh SITH-ITB kepada wisudawan yang mendapat predikat cumlaude dan kepada wisudawan yang berprestasi dari masing-masing Program Studi. Pendokumentasian pembagian kenang-kenangan untuk mahasiswa berpredikat cumlaude yang diikuti foto bersama dari masing-masing Program Studi beserta dosen pengajar, juga membawa suasana semakin semarak.

————————————

Foto Selengkapnya : Galeri Foto

Berita Terkait