Kunjungan Kelompok Keilmuan Ekologi ke University Putra Malaysia (UPM)

2

Rombongan KK Ekologi yang dipimpin oleh Prof. Djoko T. Iskandar melakukan kunjungan ke University Putra Malaysia (UPM) pada tanggal 4-6 Desember 2016 dengan tujuan untuk membina kerja sama antara KK Ekologi SITH – ITB dengan Departemen Biologi, UPM terkait dengan isu keanekaragaman hayati khususnya di kawasan Asia Tenggara. Kedatangan kami diterima oleh Dekan FMIPA dan juga Ketua Departemen Biologi.

1Kegiatan ini dimulai dengan melakukan kunjungan ke Pusat Pendidikan Kehutanan Sultan Idris Shah (Sultan Idris Shah Forest Education Centre, SISFEC) yang dikelola oleh Departemen Kehutanan. Di sana, kami mendapatkan informasi yang sangat menarik terkait dengan pengelolaan hutan pendidikan dan juga diberi kesempatan untuk melihat-lihat fasilitas yang terdapat di lokasi tersebut. Setelah itu, kami mengunjungi pameran sains “Nyawa” di UPM dengan tema Brain. Pameran ini menunjukkan hasil karya seni yang didasari oleh hasil penelitian sains, khususnya pada tahun ini mengenai cara kerja otak. Visualisasi hasil penelitian ini dapat menarik dan mempermudah masyarakat umum memahami hasil penelitian.

Hari kedua kunjungan dilakukan dengan mempresentasikan mengenai SITH ITB, memperkenalkan anggota KK Ekologi dan kajian yang dilakukan di kelompok keahlian ini, serta melakukan diskusi mengenai peluang kerja sama antara dua institusi terkait dengan mobilitas mahasiswa, penelitian, dan kemungkinan kegiatan seperti seminar yang dapat dilakukan antara SITH ITB dan FMIPA UPM. Setelah itu, kami melakukan kunjungan ke beberapa laboratorium. Kedatangan kali ini ke Malaysia sangat beruntung karena sedang diselenggarakan pameran pertanian nasional (Malaysia, Agriculture, Horticulture and Agrotourism show, MAHA) yang memperkenalkan produk olahan pertanian dan hasil pertanian lokal. Rencana kegiatan setelah kunjungan ini adalah rencana seminar keanekaragaman hayati yang akan diselenggarakan oleh dua institusi.

3

 

Berita Terkait