Reuni Akbar Biologi SITH ITB

Untuk memperat tali silaturahim dan melakukan pemilihan ketua Ikatan Alumni Biologi SITH ITB, pada tanggal 29 Januari 2017 bertempat di Aula Barat digelar Reuni Akbar seluruh angkatan Alumni Biologi dengan jumlah perserta yang mendaftar mencapai 600 orang. Kemeriahan dan kegembiraan setiap almuni sangat nampak dari gelak tawa dari para peserta ketika menceritakan dan mengingat masa-masa ketika masih menjadi mahasiswa.


Dalam sambutannya Dekan SITH ITB Dr. I Nyoman P. Ariantha, menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran alumni biologi dan kepada Panitia yaitu Firdaus Ishak dll, atas terselenggaranya Reuni Akbar. Dosen dan tenaga Kependidikan yang telah memasuki masa purnabhakti juga turut hadir memenuhi undangan dan turut bersilaturahim mengenang dan mengingat mahasiswa didiknya yang sekarang sudah sukses pada bidangnya.
Pesatnya perubahan Prodi Biologi menjadi pertanyaan tersendiri bagi para alumni angkatan sebelum tahun 2000-an. Untuk mengetahui apa saja perubahan yang terjadi sejak didirikannya Prodi Biologi tahun 1948 sampai dengan 2017, Prof. Dr. Tati Syamsudin memberikan informasi selayang pandang terkait dengan perubahan yang ada hingga saat ini telah terbentuk 10 Program Studi di SITH yang bertempat di ITB Ganesha dan ITB Jatiangorya. Adapun Program Studi saat ini yang sudah ada di SITH adalah 1) Sarjana Biologi, 2) Sarjana Mikrobiologi, 3) Sarjana Rekayasa Hayati, 4) Sarjana Rekyasa Pertanian, 5) Sarjana Rekayasa Kehutanan, 6) Sarjana Teknologi Pasca Panen, 7) Magister Biologi, 8) Magister Bioteknologi, 9) Magister Biomanajemen, 10) Doktor Biologi.
Rangkaian pemilihan ketua Ikatan Alumni Biologi diawali dengan kampanye atau pemaparan visi dan misi setiap calon ketua Alumni yaitu Djoko Andi dan Indriani Setiawati. Acara dilanjutkan dengan pemungutan suara dengan jumlah hasil berimbang yaitu 138 untuk setiap calon ketua. Dengan menjunjung spirit kekeluargaan dan kemajuan bersama Alumni Biologi, calon ketua Ikatan Alumni Biologi Indriani Setiawati dengan lapang dada mengundurkan diri dan menyerahkan kepemimpinan ketua IA Biologi kepada Djoko Andi.

Visi Misi Ketua IA Biologi terpilih pada tahun 2017 adalah sebagai berikut :
Visi :
Menjadikan Ikatan Alumni Biologi SITH sebagai tempat silaturahmi, dan tempat sinergi antar Alumni dan SITH ITB yang memberikan manfaat untuk Alumni, Almamater, Bangsa dan Negara.
Misi:

  1. Memperkuat jaringan alumni dan menciptakan simbiosis mutualisme antar Alumni untuk kemajuan Alumni, Almamater, Bangsa dan Negara.
  2. Memperkuat solidaritas dan kebersamaan Alumni (saling menyayangi, membela dan melindungi).
  3. Memberdayakan, memfasilitsi dan mendorong ide, kreatifitas dan inovasi alumni biologi SITH.
  4. Memberikan pengertian dan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat dan lembaga pendidikan mengenai potensi ilmu dan teknologi hayati.