Lecture Series SITH-ITB 2017 “Personal Development in Academic Achievement””

Pada Rabu, 4 Oktober 2017, SITH telah menyelenggarakan acara lecture series yang pertama dengan nara sumber Prof. Djoko Iskandar. Acara ini dihadiri oleh civitas academica ITB yang sebagian besar berasal dari mahasiswa S1, S2 dan S3 SITH. Prof. Djoko memberikan paparan yang berjudul “Personal Development in Academic Achievements” yang diawali dengan penjelasan mengenai posisi Indonesia pada level global dalam hal publikasi ilmiah. Selanjutnya, Prof. Djoko juga memberikan tips dan trick untuk menciptakan publikasi yang berkualitas dan memperbesar kemungkinan untuk disitasi oleh peneliti lain. Selain itu, Prof. Djoko juga menekankan pentingnya mempromosikan publikasi yang dimiliki dengan membuat profil pada situs-situs khusus untuk peneliti seperti google scholar atau yang bersifat nasional yaitu sinta.

Di akhir paparan yang sangat menarik ini, para peserta sangat antusias untuk bertanya lebih jauh mengenai hal-hal yang telah dijelaskan. Seperti halnya seorang mahasiswa S1 yang menanyakan kapan waktu untuk memulai menulis publikasi ilmiah, apakah saat ini sudah bisa dimulai atau harus menunggu hingga lulus S2 bahkan S3? Pertanyaan ini dijawab oleh Prof. Djoko bahwa tidak ada batasan usia minimal untuk mempublikasikan hasil penelitian pada sebuah jurnal ilmiah. Bila memang memiliki hasil penelitian yang sangat baik dan akan berguna bila disebarkan ke khalayak umum, maka publikasikanlah dalam jurnal ilmiah. Sesi diskusi terus berlanjut dengan pertanyaan-pertanyaan yang terus berdatangan baik dari kalangan mahasiwa maupun staff dan dosen.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan plakat penghargaan kepada Prof. Djoko oleh Dekan SITH – Dr. I Nyoman Aryantha. Sebelum acara dibubarkan, seluruh jajaran dosen dan mahasiswa yang hadir berfoto bersama dengan nara sumber.

Materi (Pengembangan diri 2017)