OPERON “National Microbiology Competition”

OPERON “National Microbiology Competition” merupakan salah satu rangkaian pre event Fermenstation 2017 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Mikrobiologi “Archaea” ITB. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengenalkan ilmu mikrobiologi dan teknik dasar yang diterapkan dalam mempelajari ilmu mikrobiologi dan sebagai bentuk edukasi serta pengenalan mikrobiologi kepada guru dan siswa/i SMA di Indonesia. Lomba ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap penyisihan (9 September 2017) yang pengerjaan soal-soalnya dilakukan secara online di daerah masing-masing, dan tahap final yang dilakukan di ITB. Tahap final, pada 23 September 2017 diikuti oleh 15 tim terbaik dari seluruh Indonesia yang lolos dari tahap penyisihan beserta guru pendamping. Di tahap final, 15 tim mendapat tantangan untuk mengembangkan ide inovasi makanan berbasis mikrobiologi dengan bahan baku khas/komoditas khas Indonesia yang dipresentasikan di hadapan juri. Finalis juga mendapat kesempatan untuk mengikuti tourlab SITH serta workshop/pelatihan dasar teknik pengamatan dan pewarnaan mikroba (pewarnaan Gram bakteri, pengamatan mikroskopis objek-objek kajian mikrobiologi) sehingga diharapkan mampu mengenalkan mikrobiologi lebih dalam kepada siswa SMA, dan memberi informasi mengenai keberadaan jurusan dan ilmu mikrobiologi kepada siswa SMA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Dari rangkaian acara final, diperoleh 3 juara terbaik, yaitu juara 1 (SMA Marsudirini Bogor), juara 2 (SMANU MH Thamrin), dan juara 3 (SMA Semesta Semarang).

Talkshow “Aesthetic Fermentation” 2017 merupakan rangkaian acara pre event Fermenstation 2017 yang mengangkat tema tentang pemanfaatan produk fermentasi berbasis mikrobiologi dalam kosmetik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Talkshow ini lebih berfokus pada produk – produk berbasis mikroba dan pemanfaatanya yang aman digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan oleh masyarakat, sehingga mahasiswa dan masyarakat umum dapat mengikuti talkshow ini. Acara ini dilaksanakan pada Minggu, 1 Oktober 2017 di Aula Timur ITB. Pengisi acara talkshow ini merupakan narasumber-narasumber yang berpengalama di bidangnya, yaitu Sasanti Tarini Darijanto,Dr.,Apt. (dosen Farmasi ITB yang ahli dalam bidang teknologi kosmetik, dan sebagai pengajar aktif mata kuliah mikrobiologi kosmetik),

Veronika Krasnadewi (Alumni Mikrobiologi ITB yang memiliki latar belakang kuat pemahaman mikroorganisme dan proses fermentasi serta konsen terhadap dunia kecantikan dan kesehatan), Valerie (Alumni SITH ITB), Hayuningtyas Rahmani dan Queena Zelina (Alumni Mikrobiologi ITB dan Product Innovation and Development PT Paragon Technology and Innovation) serta Rahayu Prasetyawati (Head of Marketing PT Gondowangi Tradisional Kosmetika). Selain talkshow, terdapat juga beauty class dari Wardah yang mengajarkan kepada peserta bagaimana teknik merias diri yang baik, dan pemilihan make up yang baik. Talkshow ini bekerja sama dengan pihak Natur serta Paragon (Wardah).