KK TEKNOLOGI KEHUTANAN MEMBERIKAN PELATIHAN TEKNIK SILVIKULTUR DAN PENGOLAHAN KAYU JENIS SURIAN KEPADA PETANI HUTAN RAKYAT CIBUGEL SUMEDANG

Penulis : Dr. Yayat Hidayat

SITH.ITB.AC.ID, JATINANGOR – Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung telah merampungkan serangkaian kegiatan Pengadian Masyarakat (PM) berupa Pelatihan Teknik Silvikultur dan Pengolahan Kayu Jenis Surian (Toona sinensis Roem) kepada petani hutan rakyat di Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk menstranfer ilmu pengetahuan dan teknologi mengenai kayu surian dari mulai aspek budidaya (teknis silvikultur) dan teknik pengawetan dan pengolahan kayu surian. Dipilihnya petani hutan rakyat Cibugel Kabupaten Sumedang karena di Kecamatan Cibugel banyak ditemukan tegakan surian (Toona sinensis). Masyarakatnya kecamatan Cibugel menyukai kayu surian sebagai alternatif subtitusi kayu jati karena memiliki kilap kayu mirip dengan kayu jati. Pada tahun 2004, BPTH Jawa Madura pernah membangun model penanaman surian malalui program Bapak Asuh Surian (BAS), yaitu menanam surian seluas 5 ha, yang dana penanamannya diperoleh dari para donator yang peduli terhadap pohon surian. Masyarakat Cibugel memanfaatkan kayu surian untuk bahan baku kayu pertukangan dan mebelair.

Kegiata pelatihan inti telah dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya tepatnya tanggal 27-28 Juli 2017. Materi yang diberikan kepada petani hutan rakyat Cibugel saat pelatihan secara umum terbagi ke dalam dua bagian, yaitu bagian teknik silvikultur meliputi materi (1) Penunjukkan pohon induk surian, (2) Pembibitan surian, dan (3) Penanaman dan pemeliharaan surian. Bagian yang kedua adalah perihal teknik pengolahan kayu surian terdiri dari materi (1) teknik pengawetan kayu surian, (2) teknik perekatan dan pembuatan kayu laminasi surian, dan (3) teknik pengeringan kayu surian. Kegiatan ini didanai dari ITB tahun anggaran 2017 melalui skema P3MI.

Acara penyampaian materi pelatihan dilangsungkan di ruang rapat kantor Kecamatan Cibugel, yang di buka oleh Pak Diding Sutardi,SP mewakili Camat Cibugel. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta petani hutan rakyat perwakilan dari beberapa desa di Kecamatan Cibugel. Materi aspek Silvikultur disampaikan oleh Dr. Yayat Hidayat, MSi yang juga bertindak sebagai ketua tim PM ITB. Materi teknik pengawetan kayu Surian disampaikan oleh Dr. Sutrisno MSi, materi teknik perekatan dan pembuatan kayu laminasi surian disampaikan oleh Dr. Eka Muya Alamsyah dan materi teknik pengeringan kayu surian disampaikan oleh Dr. Yoyo Suhaya MSi. Acara pelatihan hari kedua diisi dengan praktik penilaian kualitas pohon induk surian di lapangan. Kegiatan praktik peneilaian pohon induk surian ini dipimpin langsung oleh Dr. Yayat Hidayat.