Kuliah Tamu S2 Manajemen : Trend dan Analisis Kontribusi SDA Dalam Pembangunan Perekonomian Indonesia Yang Berkelanjutan

Bandung, Kamis 26 Oktober 2017

Penulis : Dr. Yooce Yustiana

Telah dilaksanakan kuliah tamu pada mata kuliah Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan S2 Biomanajemen SITH ITB oleh Ir. Musdhalifah Machmud, MSi. Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementrian Koordinasi Perekonomian Republik Indonesia dengan Topik “ Trend dan Analisis Kontribusi Sumber Daya Alam Dalam Pembangunan Perekonomian Indonesia Yang Berkelanjutan”.

Kuliah tamu dengan topik seperti yang disebutkan di atas, sebagai sikap responsive terhadap adanya pemberitaan bahwa kontribusi sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi, khususnya di Indonesia hanya 5%.   Diharapkan mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang kondisi dan potensi sumber daya alam, serta tantangan dan kendala dalam mengelolanya, juga solusi untuk mengantisipasinya, langsung dari orang yang bertugas mengelola dan membuat kebijakan di bidang tersebut di negeri ini.

Kuliah Tamu Biomanajemen

Dilatarbelakangi oleh ketimpangan kesejahteraan masyarakat yang masih cukup lebar, bagaimana peran sumber daya alam dalam mengatasi permasalahan tersebut. Sumber daya alam dikelola dengan mengambil manfaatnya secara bijaksana agar kelestariannya tetap terjaga.

 

Dengan kuliah tamu ini diharapkan mahasiswa mendapat ilmu pengetahuan dengan contoh-contoh yang real/nyata terjadi dilapangan, sehingga dapat memudahkan mahasiswa memahami bagaimana suatu konsep dapat diimplentasikan, apa saja tantangan, kendala yang harus dihadapi, dan bagaimana solusinya.