Kunjungan SMA IT Al Kahfi Bogor ke SITH-ITB Kampus Jatinangor

(Penulis : Hairatunnisa, mahasiswa Rekayasa Kehutanan)

SITH.ITB.AC.ID, BANDUNG – Kamis, 9 November 2017 Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – ITB menerima kunjungan 35 siswa-siswa SMA yang melakukan study tour ke beberapa kampus di Indonesia di Kampus ITB Jatinangor. Kali ini kunjungan tersebut dari SMA Islam Terpadu Al Kahfi, Bogor untuk memperoleh informasi mengenai SITH-ITB. Kunjungan tersebut merupakan program wajib bagi siswa-siswa kelas XI dan XII SMA IT Al Kahfi agar siswa memperoleh gambaran dan informasi awal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam kunjungan tersebut disampaikan  informasi mengenai SITH secara umum kemudian dilanjutkan dengan penyampaian informasi mengenai beberapa program studi di SITH-ITB yaitu program studi Sarjana Rekayasa Kehutanan dan Sarjana Teknologi Pasca Panen.

 

Infomasi umum mengenai Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB disampaikan oleh Dr. Rina Ratnasih Purnamahati untuk mewakili Dekan SITH ITB, Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha yang berhalangan hadir. Sedangkan penyampaian mengenai program studi Rekayasa Kehutanan disampaikan oleh Dr. Ichsan Suwandhi. Selain memaparkan mengenai program studi Rekayasa Kehutanan, Dr. Ichsan Suwandhi juga menyampaikan mengenai tantangan-tantangan dan isu global yang melatarbelakangi kehadiran program studi Sarjana Rekayasa Kehutanan di SITH-ITB, seperti; deforestasi, degradasi lahan, kebakaran, alih fungsi lahan, dan sebagainya yang memerlukan konsep-konsep rekayasa untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan mengenai program studi Sarjana Teknologi Pasca Panen dan bagaimana prospeknya di masa mendatang oleh Ihak Sumardhi, Ph.D. dan Dr. Rijanti Rahayu Maulani. Siswa SMA IT Al Kahfi terlihat antusias mendengarkan penjelasan dan beberapa kali menanyakan pertanyaan.

  

Pukul 10.00 WIB, setelah sesi pemaparan oleh dosen berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan pemutaran video mengenai kegiatan kemahasiswaan yang diwaliki oleh Himpunan Mahasiswa Rekayasa Kehutanan SITH-ITB (HMH ‘Selva’ ITB) dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Pasca Panen SITH-ITB (HMPP ‘Vadra’ ITB). Kunjungan tersebut kemudian diakhiri dengan campus tour ITB Jatinangor dan sesi foto-foto di depan Gedung Koica ITB. Selama kegiatan berlangsung, siswa-siswa SMA IT Al Kahfi terlihat bersemangat mendengarkan penjelasan materi. Dengan adanya kunjungan tersebut, diharapkan siswa-siswa SMA memperoleh informasi dan semakin termotivasi untuk masuk ITB, khususnya Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati.