Enter your keyword

SITH ADAKAN KULIAH TAMU ADVISORY BOARD DENGAN TOPIK “Pengelolaan Kawasan Konservasi Di Indonesia: Permasalahan Dan Tantangan Di Masa Depan”

BANDUNG.sith.ac.id – Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB telah menyelenggarakan Kuliah Tamu Advisory Board SITH ITB yang dipaparkan oleh Dr. Ir. Wiratno, M.Sc. selaku Advisory Board SITH dengan topik “Pengelolaan Kawasan Konservasi di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan di Masa Depan”. Kuliah tamu ini dilaksanakan pada Hari Selasa, 1 November 2022 secara hybrid di dua lokasi yaitu Gedung GKU2 ITB Kampus Jatinangor dan Ruang Seminar Labtek XI Kampus Ganesa Bandung. Kuliah tamu yang dilaksanakan dengan dengan durasi 2 jam ini dihadiri oleh Dr. Endah Sulistyawati selaku Dekan SITH ITB, Dr. Sofiatin selaku Ketua Prodi Magister Biomanajemen, Dr. Elham Sumarga selaku Ketua Prodi Rekayasa Kehutanan, serta dosen-dosen SITH yang hadir secara daring. Peserta kuliah tamu berjumlah 100 orang, dimana sebanyak 65 mahasiswa hadir secara luring dan 35 mahasiswa hadir secara daring.

Situasi Kuliah Tamu di Gedung GKU 2 Kampus ITB Jatinangor

Situasi Kuliah Tamu di Ruang Seminar, Kampus ITB Ganesa Bandung

Dalam pelaksanaannya, pemateri memaparkan data-data terkini terkait Pengelolaan Kawasan Konservasi yang telah dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan diantaranya jumlah dan luas kawasan konservasi di Indonesia, 5 basis kelola kawasan konservasi yaitu regulation, scientific, evidence, experience dan precautionary principle, tantangan pengelolaan serta 10 Cara (baru) Kelola Kawasan Konservasi yaitu masyarakat sebagai subjek, penghormatan pada HAM, kerjasama lintas Eselon I, kerjasama lintas kementrian, penghormatan nilai budaya dan adat, kepemimpinan multilevel, pengambilan keputusan berbasis sains, pengelolaan berbasis resort, penghargaan dan pendampingan, serta organisasi pembelajar. Kuliah tamu ini berjalan dengan baik dan disambut positif oleh para dosen dan mahasiswa di Lingkungan SITH ITB dan diakhiri dengan sesi diskusi dengan berbagai pertanyaan yang dijawab secara jelas oleh pemateri.

Pemberian piagam penghargaan secara virtual kepada Bapak Dr. Ir. Wiratno selaku pembicara

X