Enter your keyword

PROFIL

PUSAT PELATIHAN SUMBER DAYA HAYATI (PPSDH) SITH – ITB menjadi lembaga yang secara professional melakukan alih teknologi dan diseminasi ilmu dan teknologi yang dikembangkan SITH dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Latar Belakang :

  • Berkembangnya kebutuhan peningkatan kapasitas profesionalisme di bidang hayati
  • Memperluas disseminasi profesionalisme keilmuan Dosen kepada publik yang sesuai dengan keilmuannya
  • Pelatihan merupakan salah satu bentuk income generating bagi SITH
  • Jejaring profesionalisme dosen dan SITH dengan masyarakat, swasta dan pemerintahan makin luas dan intensif sehingga kontribusi SITH terhadappembangunan makin kuat

Visi dan misi

  1. Mengembangkan dan menyelenggarakan pelatihan untuk proses diseminasi ilmu dan teknologi yang dikembangkan SITH dalam pengelolaan keanekaragaman hayati Indonesia guna menunjang pengembangan bio-industri yang berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  2. Menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu mencari solusi bagi permasalahan masyarakat melalui inovasi berbasis sumberdaya hayati local.

for your information

Pusat Pelatihan Sumber Daya Hayati (PPSDH) SITH – ITB berkerjasama dengan Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DPC Kab Sumedang telah selesai menggelar pelatihan budidaya anggrek dengan tema “Budidaya Anggrek untuk Peningkatan Pendapatan Keluarga” yang dilaksanakan di ITB Kampus Jatinangor dan di Rumah Oren, Cimanggung (Camp DPC PAI Sumedang) Kab Sumedang.
para peserta diberikan materi pengenalan lebih dalam tentang tanaman anggrek dengan pembicara yang berkompeten dibidangnya, diantaranya Dr. Ir. Dadang Sumardi, M.P., Dr. Iriawati, Romiyadi, S.P., M.P dan Ibu Inne Imel Meldawati (Owner Rumah Oren).
kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan budidaya tanaman anggrek secara langsung, dan memberikan pembelajaran untuk menciptakan usaha muda dengan budidaya anggrek dari belajar teknisnya, menggunakan media tanam, seedling, pengendalian hama dan penyakit dan bagaimana melihat peluang dan prospek pemasaran anggrek dan juga pelatihan ini bisa berlanjut ketahap kepelatihan berikutnya.
terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu atas penyelenggaraan pelatihan ini, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar yaitu kepada Dekan SITH ITB beserta jajarannya, dosen, tenaga pendidik, para mahasiswa, para narasumber, ketua Perhimpuna Anggrek Indonesia (PAI) DPC Kab Sumedang dan jajarannya.https://sumedang.radarbandung.id/berita-utama/2023/03/20/budidaya-angkrek-menjanjikan-pemasaran-lokal-hingga-ekspor/

Selamat pagi bapak ibu, tim Pusat Pelatihan Sumber daya Hayati (PPSDH) SITH bekerja sama dengan Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) akan mengadakan Pelatihan Budi Daya Anggrek. Topik Pelatihan adalah PELATIHAN BUDI DAYA ANGGREK UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA . Pelatihan ini akan diadakan secara offline/luring pada tanggal 18-19 Maret 2023, untuk hari pertama di Labtek 1A ITB Kampus Jatinangor dan hari ke dua Bumi Oren РKebun Anggrek Cimanggung. Selain materi yang paling update tentang budi daya anggrek, peserta juga dapat melakukan Praktek dan diskusi tentang budi daya anggrek secara langsung. Info lebih lengkap dapat dilihat pada Link Website https://sith.itb.ac.id/ppsdh/pelatihan-budidaya-anggrek/  atau Lihat kami di Link Instagram https://www.instagram.com/p/CpUCZ4KpO0H/?igshid=YmMyMTA2M2Y= .

Selamat pagi bapak ibu, tim Genomik SITH akan mengadakan workshop series kembali. Topik workshop kali ini adalah PCR& qPCR Applications for disease detection in Animals, Plants and Humans . Workshop ini akan diadakan secara offline pada tanggal 14-15 Maret 2023 di Labtek XI, SITH,ITB. Selain materi yang paling update tentang aplikasi PCR dan qPCR pada deteksi penyakit pada berbagai organisme, peserta juga dapat melakukan eksperimen dan diskusi tentang problem solving secara langsung. Info lebih lengkap dapat dilihat pada https://www.instagram.com/p/CpOyAZJpbd6/?utm_source=ig_web_copy_link

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB menandatangani perjanjian kerja sama dengan Balai Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat pada hari Senin, 3 Agustus 2022 di Labtek IA Kampus ITB Jatinangor. Penandatanganan dilakukan oleh Dr. Endah Sulistyawati selaku Dekan SITH dan Ir. Moch. Ramdani, MP sebagai Kepala Balai Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pengelola Pusat Pelatihan Sumber Daya Hayati (PPSDH) SITH, para dosen, serta staff balai. Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mensinergikan potensi dari masing-masing pihak guna memperoleh hasil yang maksimal dalam kegiatan pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pelatihan sumber daya manusia.

en_USEnglish
X