Kunjungan kegiatan mahasiswa |Universiti Putra Malaysia

Senin, 01-06-2015 bertempat di ruang sidang lantai 2 SITH ITB menerima kunjungan tamu dari Universiti Teknologi Malaysia . Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha sebagai Dekan SITH ITB langsung menerima kunjungan tersebut dan memberikan sambutan sebagai acara pembuka. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada para mahasiswa UTM dan Prof. Dr. Jambari Haji Ali atas kunjungan kepada SITH. Dekan SITH menjelaskan pula bahwa Prof. Dr. Jambari Haji Ali merupakan alumni SITH d.h Biologi angkatan tahun masuk 1969 yang kemudian setelah lulus kembali ke Malaysia untuk menjadi dosen. Pada awalnya SITH merupakan sebuah prodi dibawah FMIPA ITB dengan nama prodi biologi, dan pada tahun 2006 Biologi berkembang menjadi SITH hingga pada tahun 2015 ini, SITH memiliki 10 program studi yang memberikan pendidikan multidisiplin untuk menghasilkan lulusan dalam ilmu dan teknologi hayati yang siap dan berani menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompetitif. Lulusan SITH dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk bersaing dalam pasar kerja, dan memiliki kesempatan yang luas untuk berkarir dalam berbagai bidang di lembaga pemerintahan, swasta/industri, kewirausahaan dan yang lainnya. Staf akademik SITH (95% berkualifikasi doktor), dengan didukung fasilitas terkini, aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pada kesempatan selanjutnya Mumammad Fais Haikal bin Mohd Isa mewakili para mahasiswa dari UTM menyampaikan rasa terima kasih juga atas sambutan, penerimaan dan bantuannya sejak menunggu di airport sampai kepada tempat menginap di hotel. Mahasiswa UTM akan berusaha mengikuti semua aturan, belajar dan mengerjakan tugas sesuai dengan arahan yang diberikan oleh para dosen SITH, sehingga diharapkan dengan kegiatan ini akan diperoleh suatu wawasan dan keterikatan kerjasama sebagai bekal dalam pengembangan keilmuan.

Prof. Dr. Jambari Haji Ali sebagai pemimpin rombongan mewakili dosen dari UTM menyampaikan maksud kunjungan ini merupakan lanjutan suatu bentuk kerjasama yang sebelumnya telah terjalin baik dalam bentuk MoU maupun dalam bentuk kunjungan balasan yang pernah dilakukan oleh SITH ITB terhadap UTM. Bentuk kerajasama ini sebenarnya meliputi berbagai hal dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, semisal student exchange, kunjungan dosen maupun para teknisi. Malaysia sangat membuka diri apabila SITH dapat meningkatkan kerjasama dalam hal lain seperti pembukaan universitas ITB di malaysia.

Dalam penerimaan kunjungan ini selain dihadiri oleh Dekan dan tamu dari UTM, dihadiri pula oleh beberapa dosen SITH diantaranya Dr. Indra Wibowo, Dr. Dian Rosleine, S.Si., M.Si, Dr. Iriawati,, Eka Mulya Alamsyah, S.Hut., M.Agr., Ph.D. dan beberapa mahasiwa SITH ITB . Mahasiswa dari UTM berjumlah 15 yaitu Mumammad Fais Haikal bin Mohd Isa, Omar Qayyum Bin Idiris, Muhammad Azim Bin Ahmad Puad, Nur Shazwani Bi Ab Kadir, Siti Hazimah Bi Nor’hisham, Nur Madinah Bi Mahzan, Norhazwani Bi Zamri, Fikriyah Bi Zalfakar, Nur Zulaiha Binti Azuan, Goh Yi Han, Siti Najiha Binti Ismail, Nur Asmila Syahmah Bi Ahmad Sukri, Nor Elina Binti Che Hashim, Siti Mariam Binti Kharuddin, Fauzeen Atira Bi Mohd Rosen dengan di dampingi oleh Prof. Dr. Jambari Haji Ali dan Ibu Lusi.

Selama di ITB, para tamu dari UTM akan melakukan beberapa kegiatan seperti :

  1. Perkenalan dengan mahasiswa biologi dan mikrobiologi
  2. Keliling fasilitas SITH Ganesha
  3. Perkenalan Lab Activities
  4. Perjalanan menuju Jatinangor
  5. Orientasi dan pengenalan lokasi dan sarana prasarana kampus jatinangor ( Area Konversi Plasma Nutfah, Gedung Utama, Amphitheather, dll )
  6. Over-view Pertanian Indonesia oleh Dr. Mia Rosmiati
  7. Pengantar pengolahan hasil pertanian di Indonesia oleh Dr. Rijanti Rahayu M
  8. Over-view kehutanan Indonesia oleg Dr. Ikhsan Suwandi
  9. Pengantar pengolahan hasil hutan di Indonesia oleh Dr. Tati Karliati
  10. Kunjungan ke kawasan gunung geulis
  11. Sosialisasi dengan kepala desa dan kelompok tani.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish