Aplikasi Teknologi Akuakultur SITH untuk membantu petani pembudidaya udang galah di Pamarican, Kabupaten Ciamis

SITH ITB berkerjasama dengan P3TKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah membangun fasilitas pendederan udang galah dengan menggunakan teknologi zero water discharge yang dikembangkan oleh Dr. Gede Suantika dkk di SITH. Fasilitas merupakan bagian dari Program IPTEKMAS KKP tahun 2011. Pada tanggal 13 Februari 2012 fasilitas itu diserahterimakan dari Kepala P3TKP Dr. Aryo Hanggono kepada Kelompok Pembudidaya Udang Galah (Mina Usaha Sejahtera), Kec Pamarican pada acara yang disaksikan oleh Dekan SITH, Kepala Dinas Perikanan Ciamis, Muspida, perwakilan dari DPRD Kab. Ciamis dan para tokoh masyarakat.

Teknologi zero water discharge yang dikembangkan diharapkan dapat menghemat pemakaian air dan menjaga kondisi air budidaya yang optimal untuk pertumbuhan udang galah. Dalam sambutannya, Ketua Kelompok Pembudidaya Udang Galah menyatakan rasa syukurnya karena Pamarican telah terpilih sebagai lokasi percontohan.
Bagi SITH, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat khususnya dalam mendiseminasikan hasil-hasil riset SITH di bidang akuakultur.

(endah)

Berita Terkait

IndonesiaEnglish