Penanaman Pohon di Kampus Jatinangor oleh Mahasiswa Baru SITH ITB 2012 Jalur Undangan


27 Juni 2012, Sebanyak 164 mahasiswa baru SITH ITB jalur undangan tahun 2012 mengadakan acara penanaman pohon di Areal Konservasi Plasma Nutpah (AKPN) Kampus ITB Jatinangor. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Matrikulasi dan Pengembangan Karakter.

Acara dimulai dengan sambutan dari Dekan SITH dan Direktur Eksekutif Kampus ITB Jatinangor. Dalam sambutannya Dekan SITH berpesan agar tanaman tersebut dipelihara dengan baik sehingga mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai laboratorium lapangan. Pada kesempatan tersebut, Dekan juga menyatakan bahwa penanaman ini dilakukan dengan pendekatan satu pohon untuk satu mahasiswa (one tree for one student : a local act for a global cause).

Penanaman perdana dilaksanakan oleh Dekan SITH (Prof. Dr. Tati Suryati Syamsudin, Ir,DEA), Direktur eksekutif ITB Jatinangor (Prof. Indratmo Sukarno), dan WDS SITH (Dr. Endah Sulistyawati). Penyerahan bibit kopi dilakukan oleh Pimpinan (Dekan SITH, Direktur Eksekutif ITB Kampus Jatinangor), wakil dosen (Dr. Mia Rosmiati, Ir.,MP), dan Ir. Nia Kurniasih Pontoh, MT. kepada empat orang dari wakil mahasiswa baru. Kegiatan penanaman tersebut juga dihadiri oleh dosen SITH, dan karyawan Kampus ITB Jatinangor. Jenis tanaman yang ditanam oleh mahasiswa baru adalah kopi Arabika Klon Andungsari dan Robusta.

Penjelasan teknis penanaman disampaikan oleh Ir. Dadang Sumardi, MP. Setelah penanaman, kegiatan dilanjutkan dengan orientasi AKPN dan sarana prasarana kampus ITB Jatinangor. Orientasi AKPN dipandu oleh Dr. Yayat Hidayat, MSi sedangkan orientasi sarana prasarana kampus yang meliputi asrama, ruang kuliah, dan prasarana pendukung lainnya dipandu oleh Dr. Endah Sulistyawati.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish