KKTK SITH-ITB GELAR PELATIHAN TEKNIK PRODUKSI BENIH DAN BIBIT TANAMAN HUTAN BERKUALITAS

Penulis : Dr. Yayat Hidayat

     

Guna memberikan wawasan keilmuan perbenihan tanaman hutan kepada para petani hutan rakyat di sekitar Kawasan Pendidikan Gunung Geulis, KKTK menggelar Pelatihan Introduksi Teknik Pengolahan Benih Tanaman Hutan pada Masyarakat Pelaku Benih dan Bibit Dalam Meningkatkan Produksi Benih dan Bibit Tanaman Hutan Berkualitas yang diselengarakan di Sekretariat Komunitas Petani Gunung Geulis di Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor, Sabtu (24/8). Acara tersebut dikemas dalam kegiatan PPM yang didanai dari anggaran P3MI ITB kerjasama dengan Forum Koordinasi Gunung Geulis.

Menurut Ketua Tim PPM, Dr. Sopandi Sunarya, tujuan kegiatan PPM tersebut adalah untuk memberikan wawasan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat petani hutan rakyat di sekitar Gunung Geulis, khususnya Desa Jatiroke, agar mampu memproduksi benih dan bibit tanaman hutan yang berkualitas baik. Hal ini sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Gambar 1. Tim PPM KKTK Berfoto Bersama Ketua Forum Komuniasi Gunung Geulis

 

Ketua KKTK, Dr. Eka Mulya Alamsyah, turut hadir dalam acara kegitan PPM tersebut mewakili Dekan SITH memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara PPM terebut. Pada penyelenggaraan PPM tersebut terdapat tiga topik materi yang disampaikan oleh tiga pemateri  dari anggota KKTK, yakni (1) Teknik Mengelola Sumber Benih Berkualitas, oleh Dr. Yayat Hidayat; (2)  Teknik Penanganan Buah dan Benih oleh Dr. Susana P. Dewi, dan  (3) Teknik Produksi Bibit Berkualitas oleh Dr. Sopandi Sunarya. Acara tersebut dipandu oleh Dr. Anne Hadiyane.

Gambar 2. Tiga personil KKTK sedang memberikan materi kepada peserta, 1. Dr. Yayat Hidayat (kiri), 2. Dr. Susana P. Dewi (tengah), 3. Dr. Sopandi Sunarya (kanan).

 

Gambar 3.  Peserta petani hutan rakyat Gunung Geulis serius mengikuti diskusi perbenihan tanaman hutan (kiri), yang dipandu oleh Dr. Anne Hadiyane (kanan)

Dalam kata sambutannya, Dr. Eka menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi respon petani Gunung Geulis yang antusias mengikuti setiap program pelatihanan yang diberikan KKTK. Semoga ilmu yang diberikan oleh para pemateri (tutor) dapat diimplementasikan dalam menjaga kelestarian hutan. Penryataan ketua KKTK dibalas oleh Ketua Forum Komunikasi Gunung Geulis, Bapak Saepudin, beliau  mengatakan bahwa pelatihan ini sangat membantu petani dalam menambah wawasan keilmuan bidang kehutanan. Pihaknya mengatakan banyak terima kasih kepada KKTK, umumnya kepada SITH ITB yang tidak bosan memberikan PPM di masyarakat sekitar Gunung Geulis.  Dalam kesempatan itu beliau juga mengajak anggota petani untuk mengumpulkan benih tanaman hutan untuk diproduksi menjadi bibit yang berkualitas, serta meminta bimbingan dari KKTK untuk dapat memproses tegakan benih bersertifikat yang ada di wilayah lahan milik masyarakat sekitar Gunung Geulis.

Gambar 4. Ketua Forum Komunikasi Gunung Geulis, Saepudin (kiri) menerima piagam penghargaan dari SITH yang diberikan oleh Dr. eka Mulya Alamsyah (kanan)

Berita Terkait

IndonesiaEnglish