Kuliah Tamu Mata Kuliah BW4109 Industri Hasil Hutan – Strategi Industri Pengolahan Kayu Terintegrasi dalam Meningkatkan Efisiensi Bahan Baku dan Menurukan Pemanasan Global: Studi Kasus di PT. Koritiga Hutani.

Senin, 2 November 2020 pukul 10.00 – 12.15 WIB telah dilaksanakan kuliah tamu BW4109 Industri Hasil Hutan Prodi Rekayasa Kehutanan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung melalui zoom meeting dengan nara sumber Bapak Rais Sugito, S.Sos., Bapak Redi Sugihartono dan Bapak Roha Siregar dari PT. Korintiga Hutani dengan moderator Bapak Dr. Sutrisno. Kuliah tamu ini dihadiri oleh 35 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen dan perwakilan dari Direksi PT. Korintiga Hutani Jakarta serta institusi lain yang terkait.

Topik yang diangkat dari kuliah tamu ini adalah Strategi industri pengolahan kayu terintegrasi, khususnya yang dilakukan oleh PT. Korintiga Hutani untuk meningkatkan efisiensi bahan baku dan menurunkan pemanasan global.

Kuliah tamu dibagi menjadi tiga sesi yaitu sesi pembukaan oleh Bapak Dr. Eka Mulya Alamsyah selaku koordinator mata kuliah BW4109 Industri Hasil Hutan. Sesi kedua diisi dengan pemaparan materi oleh ketiga nara sumber dimana Bapak Rais Sugito, S.Sos. menjelaskan mengenai selayang pandang PT. Korintiga Hutani yang berisi pengenalan industri, fasilitas, produk yang dihasilkan dan kondisi areal kerja dari PT. Korintiga Hutani. Setelah penjelasan dari Bapak Rais Sugito, S.Sos dilanjutkan dengan pemutaran video profil PT. Korintiga Hutani.

Selanjutnya, Bapak Redi Sugihartono memaparkan mengenai visi misi perusahaan, proses tanam hingga panen serta produksi dari produk yang dihasilkan oleh PT. Korintiga Hutani. Beliau juga menjelaskan mengenai usaha konservasi yang dilakukan di perusahaan tersebut antara lain konservasi Orang Utan. Setelah penjelasan dari Bapak Redi Sugihartono,  dilanjutkan dengan pemutaran video program kelola sosial PT. Korintiga Hutani.

Pada bagian akhir, Bapak Roha Siregar memaparkan gambaran umum industri pengolahan kayu terintegrasi di PT. Korintiga Hutani yang mencakup bahan baku, proses produksi, pengendalian mutu dan pemasaran produk. Pembicara juga menjelaskan secara rinci strategi meningkatkan efisiensi bahan baku dan strategi penangan limbah dalam rangka berkontribusi dalam menurunkan pemanasan global. Setelah pemaparan materi oleh Bapak Roha Siregar, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan penutupan oleh moderator.

Pada sesi ketiga, dilakukan sesi tanya jawab sekaligus foto bersama. Sesi ini merupakan rangkaian terakhir dari acara kuliah tamu tersebut.

Senin, 09 November 2020 – Wiwit Astari

Berita Terkait

EnglishIndonesia