Penandatanganan MoU SITH – BATAN : Pemanfaatan Teknologi Isotop dan Radiasi Bidang Kesehatan untuk Pengendalian Terpadu Vektor Penyakit

Penulis : Humas SITH

Bandung, sith.itb.ac.id – Pada hari Senin 22 Juli 2019, bertempat di ruang sidang lantai 2, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung, telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Badan Tenaga Nuklir Nasional Jakarta (PAIR- BATAN) dan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB. Perjanjian kerjasama tersebut bertujuan  untuk pemanfaatan teknologi isotop dan radiasi di bidang kesehatan untuk pengendalian vektor penyakit.

 

Penandatanganan Perjanjian kerjasama ini dihadiri pihak BATAN, diantaranya  Dr. Irawan Sugoro (Kepala Bidang Pertanian PAIR-BATAN), Dr. Murni Indarwatmi (Kepala Kelompok Entomologi, Bidang Pertanian PAIR BATAN), Beni Ernawan, M.Si (Staf Peneliti), Ir. Indah Arastuti (Staf Peneliti), Muklas Sadar (Staf Peneliti), V., dan pihak ITB diantaranya Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha (Dekan SITH-ITB), Prof. Intan Ahmad, Ph. D (Guru Besar Bidang Entomologi SITH-ITB), Dr. Iriawati (Wakil Dekan Bidang Sarana SITH-ITB) dan Dr. Sri Yusmalinar (anggota peneliti).

Di dalam kerjasama ini akan diadakan beberapa kegiatan, diantaranya; a. Penelitian dan pengembangan aplikasi Teknik Serangga Mandul (TSM) dalam manajemen lingkungan dan deteksi dini pengendalian vektor penyakit; b. Pertukaran informasi dan data ilmiah; c. Pertukaran tenaga ahli/teknisi dan bantuan sumber daya yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan perjanjian ini; d. Pemanfaatan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Batan maupun SITH; e. Peningkatan kompetensi sumber daya manusia melalui, pelatihan, workshop dan kegiatan ilmiah lainnya; f. Penyelenggaraan focus group discussion (FGD) dan seminar; g. Publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, dan prosiding nasional maupun internasional. MoU yang telah dilaksanakan pada pukul 10.00 – selesai ditandatangani oleh Drs. Totti Tjiptosumirat, M.Rur.Sci. selaku Kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi-Badan Tenaga Nuklir Nasional (PAIR-BATAN), bertindak dalam jabatannya untuk dan atas nama PAIR-BATAN, berkedudukan di Jl. Lebak Bulus Raya No. 49 Jakarta Selatan dan Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha selaku Dekan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, ITB yang berkedudukan di Jalan Ganesa 10, Bandung, 40132, Jawa Barat dalam hal ini bertindak dalam jabatannya untuk dan atas nama SITH-ITB.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish