Sharing Kerja Praktik 2018

Penulis : Nisrina Sukriandi (10615051)

BANDUNG, SITH.ITB.AC.ID – Pada hari Sabtu, 15 September 2018, program studi Biologi bekerjasama dengan Himabio “Nymphaea” ITB dalam mengadakan acara Sharing Kerja Praktik 2018. Acara ini bertujuan untuk menjadi ajang bercerita dan berbagi pengalaman dari mahasiswa Biologi ITB angkatan 2015, yang baru saja merampungkan kerja praktiknya di bulan Juni hingga Agustus 2018, kepada rekan-rekan seangkatannya dan kepada adik tingkatnya, angkatan 2016, yang tahun depan akan melaksanakan kerja praktik. Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Biologi angkatan 2015 yang telah melakukan kerja praktik, mahasiswa angkatan 2016, dan bahkan angkatan 2017. Hadir pula Dr. Rina Ratnasih P. dan ibu Andira Rahmawati selaku dosen koordinator kerja praktik tahun 2018.

Kegiatan acara ini terdiri dari penjelasan mengenai penilaian kerja praktik oleh Dr. Rina Ratnasih dan sesi presentasi pengalaman kerja praktik serta tanya jawab. Sebanyak 67 mahasiswa Biologi ITB angkatan 2015 telah melakukan kerja praktek antara bulan Juni hingga bulan Agustus yang lalu. Terdapat 31 instansi yang menjadi tempat kerja praktik. Instansi tersebut tidak hanya terbatas di bidang Biologi saja, tetapi juga di bidang lain seperti perusahaan pertambangan. Walaupun bekerja di perusahaan pertambangan, penelitian yang diberikan ke mahasiswa memiliki relevansi dengan bidang Biologi. Selain itu, instansi tempat bekerja mahasiswa tidak hanya berada di dalam negeri, tetapi beberapa mahasiswa melakukan kerja praktik di luar negeri.

Daftar instansi yang menjadi tempat kerja praktik antara lain: CiRA (Center of iPS Cell Research and Application), Kyoto University, Lab. Sitogenetika Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, PT. Biofarma, Kyoto University, Lab. DNA Pusat Kedokteran dan Kesehatan POLRI, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya – LIPI (Kebun Raya Bogor), CV. Deliyana Karya Mandiri, Kebun Percobaan Subang, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Jember), PT. Timah, PT. Berau Coal, PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (ex. PT Newmont),  PT Restorasi Habitat Orangutan Indonesia (RHOI), KPBS Pangalengan (produsen susu), PT Sababay Industry (industri pembuatan wine), PT Ultrajaya Milk Industry, PT Aroma Duta Rasa Prima (industri pemrosesan daging), BBPOM Bandung dan Padang, PT Sydna Farma, dan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB Biogen) dan BIOTEC Thailand.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish