Tim Mahasiswa Biologi Merebut Posisi Second Winner pada Ajang Internasional 2020 Edogawa NICHE Prize XV Fujio Cup Quiz

BANDUNG, SITH ITB – Mahasiswa Prodi Sarjana Biologi SITH-ITB kembali memenangkan kompetisi Fujio Cup Quiz. Sudah sejak beberapa tahun terakhir, mahasiswa SITH selalu menjadi finalis dan/atau juara kompetisi tersebut. Tahun ini, Juan Dennis Bahrian (10617006) dan Ahmad Syafiq Zuhri (10617030) berhasil menjadi Juara 2 di ajang 2020 Edogawa NICHE Prize XV Fujio Cup Quiz.

“Kami tidak menyangka, sekaligus lega”, ungkap Juan dan Syafiq.

“Walaupun kompetisinya diselenggarakan secara virtual dan kami berada di tempat masing-masing, tapi suasana menegangkan tetap terasa”, imbuh mereka.

Setelah melewati babak Preliminary I, Pre-final, dan Final, babak presentasi dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Oktober 2020 kemarin. Berdasarkan hasil undian yang dilakukan sebelumnya, mereka mendapatkan topik mengenai kandidat vaksin COVID-19. Masing-masing mereka memilih AZD1222 dan SINOVAC, dengan Dr. Indra Wibowo dan Ernawati Arifin Giri-Rachman, Ph.D. sebagai pembimbing. Dalam babak tersebut, mereka memaparkan pro dan kontra dari kandidat vaksin yang dipilih untuk kemudian diuji oleh panelis.

Fujio Cup Quiz merupakan bagian dari NCRM NICHE, acara perayaan ulang tahun Nichi-In Center for Regenerative Medicine, yang dilaksanakan setiap tahun di bulan Oktober sejak tahun 2006. Kuis ini terbuka bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana di bidang Life Science, Biotechnology, Veterinary Science, Dentistry, dan Medicine yang berasal dari perguruan tinggi di negara-negara anggota PBB. Subyek kuis ini mencakup stem cells dan regenerative medicine.

Tiga tim lainnya yang juga lolos ke babak presentasi masing-masing berasal dari Monash University (Australia), Kasturba Medical College (India), dan BITS Pilani (India). Pemenang ditentukan berdasarkan skor kumulatif empat babak, dari babak preliminary I bulan Agustus lalu hingga babak presentasi.

SITH mengucapkan selamat dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih oleh Juan dan Syafiq. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi untuk seluruh mahasiswa ITB, khususnya SITH.

Senin, 19 Oktober 2020 – Roya Suffah Zain

Berita Terkait

EnglishIndonesia