70th Pendidikan Biologi ITB : Napak Tilas 70th Pendidikan Biologi

BANDUNNG, SITH.ITB.AC.ID – Napak Tilas merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan peringkatan 70 tahun Pendidikan Biologi yang diadakan oleh Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung dan dibantu oleh Kultura sebagai Event Organizer. Acara tersebut diselenggarakan pada Minggu, 7 Oktober 2018 di gedung Aula Barat ITB pada pukul 08.30 hingga 15.00 WIB. Selain itu, Ikatan Alumni Biologi dan beberapa perusahaan, seperti Indihome dan Gondowangi, juga ikut serta mendukung dalam penyelenggaraan Napak Tilas. Terselenggaranya acara tersebut juga tidak lepas dari adanya peran aktif Himpunan Mahasiswa Biologi, Nymphaea, dalam hal membantu penyusunan beberapa materi hingga eksekusi teknis acara.

Napak Tilas memiliki konsep utama yaitu “Perjalanan Pendidikan Biologi dari Masa ke Masa” yang bertujuan untuk dapat mempererat tali silaturahmi antara SITH dengan berbagai pihak, seperti alumni maupun dosen dan tenaga kependidikan purnabakti. Selain itu, acara tersebut juga bertujuan untuk dapat memberikan gambaran mengenai perkembangan SITH, baik sebagai lembaga, maupun pendidikan biologi itu sendiri hingga saat ini. Oleh sebab itu, Napak Tilas dihadiri oleh sekitar 105 orang tamu, baik itu tamu undangan, yaitu dosen dan juga karyawan purnabakti, maupun alumni-alumni dari angkatan 60an hingga 2000an.

Secara umum, Napak Tilas terbagi menjadi dua agenda utama yang bertempat di Gedung Aula Barat ITB dan Selasar Gedung Labtek XI. Pada agenda pertama, acara tersebut diisi oleh beberapa rangkaian kegiatan, seperti temu alumni, pemutaran video “Napak Tilas Pendidikan Biologi”, kuis nostalgia dengan beberapa hadiah menarik, pengumuman tim SITH yang mengikuti acara ITB Ultra Marathon, pemaparan mengenai kondisi SITH saat ini, baik secara lembaga, pendidikan, maupun keilmuan dalam aspek ilmu Biologi dan juga Bioindustri. Agenda tersebut kemudian diakhiri oleh kegiatan foto bersama di lapangan parkir sipil dengan menggunakan drone. Selanjutnya, agenda utama acara Napak Tilas ditutup dengan kegiatan ramah tamah disertai dengan makan siang bersama di Selasar Gedung Labtek XI SITH. Pada agenda tersebut, para tamu dapat saling bersilaturahmi melalui obrolan-obrolan mengenai masa lalu hingga bertukar pikiran dalam beberapa hal, seperti kondisi keilmuan biologi di dunia kerja saat ini dan juga pandangan mengenai pengembangan SITH di masa depan.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish