Informasi Tawaran Penelitian

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
Informasi Tawaran Penelitian

Penerimaan Proposal Program Pengabdian kepada Masyarakat DIKTI 2015 (Deadline 30 April 2014)

Penerimaan Proposal Program Hibah Kompetitif Nasional DIKTI 2015 (Deadline 30 April 2014)

Penerimaan Proposal Program Desentralisasi DIKTI 2015 (Deadline 30 April 2014)


Penawaran Proposal Program Riset Bandoengse Technische Hogeschool Fonds (BTHF) 2014

Program Hibah Penelitian BTHF bertujuan untuk mempromosikan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk kepentingan industri, ekonomi dan sosial di Indonesia.

Program yang ditawarkan adalah :
1. BTHF Research Grant dan
2. BTHF Staff Exchange Grants.

Panduan dan format proposal serta informasi mengenai Program BTHF dapat diperoleh melaui website LPPM (www.lppm.itb.ac.id) atau melalui http://research.itb.ac.id/.
Pemasukan Proposal untuk seluruh program tersebut di atas dilakukan secara online melalui Sistem Pengelolaan Program Penelitian (http://research.itb.ac.id/).
Batas akhir pendaftaran proposal adalah tanggal 24 Maret 2014, Pukul 24.00 wib.

Dwnload Panduan BTHF Research Grant 2014:
http://www.lppm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/Panduan-BTHF-Research-Grant-2014.docx


Penawaran Proposal Program Riset dan Inovasi – ITB 2014 Batch II

Dalam rangka meningkatkan intensitas kegiatan penelitian dana mandiri, ITB mengalokasikan dana tambahan untuk Program Riset ITB pada tahun 2014 ini. Dana penelitian tambahan ditujukan untuk Program Riset ITB Batch II, khususnya Program Riset dan Inovasi KK serta Program Riset Peningkatan Kapasitas. Sebagaimana pengelolaan sebelumnya, dosen ITB dipersilahkan memasukkan proposal dengan alokasi dana sebesar Rp. 50 juta rupiah per judul.

Khusus bagi Ketua Tim Peneliti yang telah mendapatkan dana melalui alokasi Program Riset ITB 2014 sebelumnya, tidak diperkenankan untuk mengusulkan proposal pada Program Riset ITB 2014 Batch II ini. Proposal yang dinyatakan tidak lolos seleksi dalam proses seleksi sebelumnya, dapat diusulkan kembali untuk diseleksi dalam Program Riset ITB 2014 Batch II.

Panduan dan format proposal dapat diperoleh melaui website LPPM (http://www.lppm.itb.ac.id) atau melalui http://research.itb.ac.id/. Pemasukan Proposal untuk seluruh program tersebut di atas dilakukan secara online melalui Sistem Pengelolaan Program Penelitian (http://research.itb.ac.id/). Batas akhir pendaftaran proposal adalah tanggal 10 Maret jam 24.00.

Panduan Pengajuan Proposal Program Riset dan Inovasi ITB 2014 Batch II

Arsip Surat Penawaran : (baca)


Penawaran Proposal Program Pengabdian Masyarakat ITB 2014

Dalam rangka meningkatkan intensitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat, ITB mengalokasikan dana untuk Program Pengabdian kepada Masyarakat ITB untuk didanai pada tahun 2014 ini. Program ini ditujukan untuk membiayai program pengabdian yang dilakukan oleh individu atau kelompok dosen ITB. Jumlah alokasi dana untuk masing-masing proposal adalah Rp. 40 juta rupiah.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, LPPM ITB mengundang seluruh staf dosen di lingkungan Bapak/Ibu untuk memasukan proposal Program Pengabdian kepada Masyarakat ITB 2014.

Panduan dan format proposal dapat diperoleh melaui website LPPM (www.lppm.itb.ac.id) atau melalui http://research.itb.ac.id/.

Pemasukan Proposal untuk program tersebut di atas dilakukan secara online melalui Sistem Pengelolaan Program Penelitian (http://research.itb.ac.id/).

Batas akhir pendaftaran proposal adalah tanggal 24 Februari jam 24.00 WIB.

Sumber: http://www.lppm.itb.ac.id/?p=4222


Penerimaan Proposal Program Hibah Kompetitif Nasional DIKTI 2014

Ditlitabmas DIKTI membuka penawaran pemasukan proposal baru Program Hibah Kompetitif Nasional (Unggulan Strategis Nasional, Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional, Kompetensi, dan Strategis Nasional) untuk didanai pada tahun anggaran 2014.

Panduan dan format proposal dapat diperoleh di bawah ini.

Proposal disubmit secara online melalui Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIM-LITABMAS) DIKTI.

Panduan penggunaan SIM-LITABMAS DIKTI dapat dilihat juga di bawah ini.

Batas akhir pemasukan proposal adalah tanggal 20 April 2013.

Sumber : http://www.lppm.itb.ac.id/?p=3689
Panduan dan Format Proposal : http://www.lppm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2013/03/Panduan_Pelaksanaan_Penelitian_dan_PPM_Edisi_%20IX%202013.pdf
Panduan Sim Litabmas Panduan SIM-LITABMAS: http://www.lppm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2013/02/Panduan-SIM-LITABMAS.pdf


Penawaran Proposal Program Pengabdian Masyarakat ITB 2013

Dalam rangka meningkatkan intensitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat, ITB mengalokasikan dana untuk Program Pengabdian kepada Masyarakat ITB untuk didanai pada tahun 2013 ini.

Program ini ditujukan untuk membiayai program pengabdian yang dilakukan oleh individu atau kelompok dosen ITB.

Jumlah alokasi dana untuk masing-masing proposal adalah Rp. 40 juta rupiah.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, LPPM ITB mengundang seluruh staf dosen di lingkungan ITB untuk memasukan proposal Program Pengabdian kepada Masyarakat ITB 2013.

Pemasukan Proposal untuk program tersebut di atas dilakukan secara online melalui Sistem Pengelolaan Program Penelitian ( http://research.itb.ac.id/ ).

Batas akhir pendaftaran proposal adalah tanggal 1 April 2013 jam 17.00 WIB.

Link: http://www.lppm.itb.ac.id/?p=3566

Panduan dan format proposal : http://www.lppm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2013/03/Program-pengabdian-masyarakat-2013-Final.doc

_________________________________________________________________________________________

 

Penerimaan Proposal Program MP3EI dan RAPID 2013

Menindaklanjuti surat Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) DIKTI nomor 0395 /E5.2/PL/2013, tanggal 14 Pebruari 2013 perihal Penerimaan Proposal Penelitian Desentralisasi dan Kompetitif Nasional Tahun 2013 bersama ini dengan hormat kami informasikan bahwa Ditlitabmas DIKTI membuka penawaran pemasukan proposal baru Program PENPIRNAS MP3EI dan Program RAPID untuk didanai pada tahun anggaran 2013. Panduan dan format proposal dapat diperoleh melalui website LPPM (www.lppm.itb.ac.id).

Proposal disubmit secara online melalui Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ( SIM-LITABMAS ) DIKTI. Panduan penggunaan SIM-LITABMAS DIKTI dapat dilihat juga pada website LPPM (www.lppm.itb.ac.id). Batas akhir pemasukan proposal adalah tanggal 16 Maret 2013.

Panduan MP3EI : Panduan MP3EI 2013

Panduan RAPID : Panduan RAPID

Panduan SIM-LITABMAS : Panduan SIM-LITABMAS

_________________________________________________________________________________________

Penawaran Competitive Research Grant Yayasan Institut Danone Indonesia

Yayasan Institut Danone Indonesia membuka kesempatan kembali bagi para peneliti di Indonesia untuk berkompetisi dalam Research Grant Selection 2013 .

Perlu kami sampaikan bahwa khusus untuk tahun 2013 usulan penelitian yang dilaksanakan pada tahun yang sama (tahun 2012), akan dipertimbangkan untuk diikutkan dalam seleksi.

Rekomendasi topik penelitian diantaranya adalah topik-topik yang terkait dengan nutrigenomic , dietetic & clinical nutrition , community & public health nutrition , food security and policy . Untuk tahun ini, kami mengharapkan topik yang dihubungkan dengan isu-isu terkini yang menjadi perhatian global, seperti Scale Up Nutrition (SUN) atau 100 Hari Pertama Kehidupan (HKP) , pencegahan stunting & Non Communicable Diseases . Untuk mendapatkan gambaran mengenai isu-isu tersebut, silakan untuk mengunjungi website terkait.

Adapun informasi lengkap serta form pengajuan yang harus diisi silakan unduh dari website kami, www.danonenutrindo.org . Proposal harus ditulis dalam bahasa inggris dan dikirimkan ke alamat berikut dalam bentuk hard copy :

Danone Institute Indonesia
Cyber 2 Tower 16th Floor
Jl. HR Rasuna Said Blok X-5 No 13 Jakarta 12950
Attn: Ibu Akhir Riyanti (Ibu Rini)

Mohon untuk menyebarluaskan informasi ini kepada para kandidat Doktor maupun instansi penelitian terkait di unit kerja. Untuk informasi lebih lengkap silahkan menghubungi sekretariat kami, Ibu Akhir Riyanti, email: akhir.riyanti@danone.com

_________________________________________________________________________________________

Penawaran Proposal Riset ITB 2013 Batch II

Dalam rangka meningkatkan intensitas kegiatan penelitian dana mandiri, ITB mengalokasikan dana tambahan untuk Program Riset ITB pada tahun 2013 ini. Dana penelitian tambahan ditujukan untuk Program Riset ITB Batch II, khususnya Program Riset dan Inovasi KK serta Program Riset Peningkatan Kapasitas. Sebagaimana pengelolaan sebelumnya, dosen ITB dipersilahkan mengusulkan memasukan proposal dengan alokasi dana sebesar Rp. 50 juta rupiah per judul.

Khusus bagi Ketua Tim Peneliti yang telah mendapatkan dana melalui alokasi Program Riset ITB 2013 sebelumnya, tidak diperkenankan untuk mengusulkan proposal pada Program Riset ITB 2013 Batch II ini. Proposal yang dinyatakan tidak lolos seleksi dalam proses seleksi sebelumnya, dapat diusulkan kembali untuk diseleksi dalam Program Riset ITB 2013 Batch II.

Panduan dan format proposal dapat diperoleh melaui website LPPM (www.lppm.itb.ac.id) atau melalui http://research.itb.ac.id/. Pemasukan Proposal untuk seluruh program tersebut di atas dilakukan secara online melalui Sistem Pengelolaan Program Penelitian (http://research.itb.ac.id/). Batas akhir pendaftaran proposal adalah tanggal 25 Februari 2013 jam 24.00.

Panduan Riset ITB 2013 Batch II : Panduan Riset Inovasi ITB 2013_batch II

Format Proposal : Format Proposal Riset ITB 2013-Batch II

_________________________________________________________________________________________

Penawaran Proposal Program Penelitian Prioritas Nasional MP3EI DIKTI 2012

Merujuk surat Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat DIKTI nomor 0568/ES.2/PL/2012, bersama ini dengan hormat kami informasikan bahwa Ditjen Pendidikan Tinggi mengundang para dosen untuk mengusulkan proposal Penelitian Prioritas Nasional MP3EI untuk pendanaan tahun anggaran 2012.

Panduan serta format proposal Penelitian Prioritas Nasional MP3EI dapat diperoleh melalui website LPPM (www.lppm.itb.ac.id). Batas akhir pengajuan proposal adalah tanggal 18 April 2012 pukul 15:00 WIB di LPPM ITB sebanyak 3 eksemplar dan soft copy disampaikan dalam bentuk CD.

Surat asli disini

_________________________________________________________________________________________

Penawaran Proposal Program Riset dan Inovasi ITB 2012

Dalam rangka memudahkan pengelolaan administrasi dan menyeimbangkan tingkat competitivenes dalam setiap program penelitian dan inovasi, untuk tahun anggaran 2012 penawaran pemasukan proposal serta proses review proposal program riset dan inovasi akan dijadwalkan secara serentak.

Pemasukan proposal yang dijadwalkan secara serentak adalah pemasukan proposal untuk program program berikut ini:
1. Program Riset dan lnovasi KK
2. Program Riset Peningkatan Kapasitas
3. Program The Asahi Glass Foundation
4. Program Osaka Gas Foundation

Pengusul proposal dapat menetapkan urutan prioritas skema riset yang dituju dengan memperhatikan topik usulan penelitiannya.
Alokasi dana per kegiatan untuk semua program riset adalah 50 juta rupiah.
Panduan dan format proposal dapat diperoleh melaui website LPPM (www.lppm.itb.ac.id) atau melalui http://research.itb.ac.id/.

Pemasukan Proposal untuk seluruh program tersebut di atas dilakukan serentak secara online melalui Sistem Pengelolaan Program Penelitian (http://research.itb.ac.id/).
Batas akhir pendaftaran proposal adalah tanggal 30 September 2011.

Panduan pengajuan proposal dapat dilihat disini

_________________________________________________________________________________________

Insentif Publikasi Internasional 2011

Dalam rangka meningkatkan posisi ITB diantara perguruan tinggi di dunia, ITB telah mentargetkan 500 publikasi internasional yang akan dihasilkan di tahun 2011. Target tersebut terus meningkat secara bertahap dan ditargetkan pada tahun 2015, jumlah publikasi yang dihasilkan oleh dosen ITB adalah 2000 publikasi per tahun.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi peneliti di ITB dalam mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah atau prosiding konferensi terindex bertaraf internasional, ITB memberikan Insentif Publikasi Ilmiah Internasional.

Insentif diberikan pada artikel ilmiah internasional terindex yang berstatus accepted atau published di tahun 2011. Persyaratan, ketentuan dan mekanisme pengajuan insentif dapat dilihat pada panduan insetif publikasi internasional:

Insentif diusulkan secara online melalui link berikut ini: http://www.lppm.itb.ac.id/insentif_jurnal/

Panduan.

_________________________________________________________________________________________

Program Dana Penelitian Biro Oktroi Roosseno AIPI

Kami informasikan bahwa tahun 2011 Biro Oktroi Roosseno Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia membuka penawaran program bantuan dana penelitian kepada para peneliti muda Indonesia dengan persyaratan sebagai berikut :

1. Usia maksimal 45 tahun pada tanggal 22 Juni 2011 2. Peneliti utama, peneliti dan pembantu peneliti adalah warga negara Indonesia dan tinggal di Indonesia

2. Peneliti utama, peneliti dan pembantu peneliti adalah warga negara Indonesia dan tinggal di Indonesia

3. Peneliti utama hanya berhak mengajukan satu proposal penelitian. Jangka waktu penelitian maksimal 1 (satu) tahun dan diberikan untuk penelitian dalam bidang:

a. Pemanfaatan Energi Alternatif;

b. Peningkatan Ketahanan Pangan;

c. Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati.

Usulan proposal dapat dikirimkan ke : BIRO OKTROI ROOSSENO Kantor Taman A9, Unit C1-C2 Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950 selambat-lambatnya tanggal 9 Mei 2011 pukul 15.00 WIB.

Panduan:
Pengantar_Program.PDF
Pedoman_Penyusunan_Proposal.PDF
Formulir_Aplikasi.PDF _________________________________________________________________________________________

Tawaran Program Pengabdian kepada Masyarakat DP2M DIKTI

DP2M DIKTI kembali membuka penawaran proposal Program Pengabdian kepada Masyarakat Multi Tahun 2011 dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Struktur usulan harus dibuat dan disusun lengkap sesuai Panduan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2011, termasuk warna sampul muka, halaman pengesahan, judul dan isi proposal serta lampiran lampirannya.
  2. Usulan Proposal Multi Tahun diserahkan dalam bentuk hard Copy sebanyak 2 (dua) eksemplar dilengkapi soft copy proposal serta data lembar isian dalam format Excel 2003 harus dalam bentuk CD dan email (usulanppm@gmail.com). Form Isian dapat di download disini .
  3. Batas akhir pemasukan usulan Program Pengabdian kepada Masyarakat Multi Tahun adalah 27 Mei 2011 di LPPM , sedangkan untuk usulan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) adalah 29 Maret 2011 di LPPM.

Panduan Program Pengabdian kepada Masyarakat selengkapnya dapat diunduh disini atau di Website DIKTI .

_________________________________________________________________________________________

Insentif Penulisan Buku Ajar 2011

Dalam rangka memotivasi dan menumbuhkembangkan minat dosen perguruan tinggi dalam menghasilkan publikasi ilmiah berupa Buku Ajar yang sesuai dengan disiplin ilmu dan mata kuliah yang di ampunya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional dalam tahun 2011 akan memberikan insentif kepada dosen perguruan tinggi (PTN/PTS) yang telah menulis Buku Ajar (sudah terbit).

Usulan disampaikan selambat-lambatnya tanggal 30 Juli 2011, Pukul 16.00 WIB, ditujukan kepada:

Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,
Kementerian Pendidikan Nasional
Jalan Pintu Satu Senayan Lt.4, Jakarta Pusat,
Telp. (021) 57946100, Fax. (021) 5731846

Panduan Pengajuan Usulan Program Insentif Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi 2011 dapat diperoleh melalui http://dikti.kemdiknas.go.id

Sumber Berita: Website DIKTI

_________________________________________________________________________________________

Penerimaan Proposal Program Hibah Penulisan Buku Teks Tahun 2011

Dalam rangka menindaklanjuti hasil-hasil penelitian di lingkungan perguruan tinggi, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) pada tahun 2011 ini kembali membuka kesempatan bagi para dosen untuk mengikuti program hibah penulisan buku teks untuk Tahun 2011 dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Mengirimkan 1 (satu) salinan naskah buku teks dari hasil penelitian yang sudah siap 100% sekurang-kurangnya 200 halaman beserta softcopy (disket/CD);
  2. Mengirimkan Biodata;
  3. Mengirimkan Surat Pernyataan Penulis yang menyatakan: naskah belum pernah diterbitkan dan bebas plagiarisme, belum pernah mendapatkan hibah dana yang bersumber dari Ditjen Dikti, dan disahkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi atau Ketua Lembaga Penelitian

Persyaratan lebih lengkap dapat di baca pada Panduan Pengajuan Usulan Program Penulisan Buku Teks Perguruan Tinggi yang dapat diunduh di http://dikti.kemdiknas.go.id

Naskah yang terpilih selain mendapatkan hibah juga akan diberikan pendampingan pakar untuk penyempurnaan naskah buku teks masing-masing. Pakar berperan sebagaiĀpembaca pertama naskah buku dan bersama-sama dengan penulis akan dipertemukan dalam sebuah lokakarya penulisan buku teks. Selain naskah buku dinyatakan memenuhi norma-norma akademik, kepada penulis diharapkan dapat menawarkan kepada penerbit dan memberikan laporan kepada DP2M apabila naskah buku berhasil diterbitkan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi web site DIKTI.

Sumber berita: website DIKTI

_________________________________________________________________________________________

Program Bantuan Penulisan/Publikasi Artikel Ilmiah Pada Berkala Bereputasi Internasional Tahun 2011

Diinformasikan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi c.q. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, akan melaksanakan Program Bantuan Penulisan Artikel Ilmiah pada Berkala Bereputasi Internasional tahun 2011 yaitu memberikan insentif bagi para dosen/peneliti Perguruan Tinggi yang berhasil mempublikasikan artikel ilmiahnya ke dalam Berkala Ilmiah Bereputasi Internasional.

Program ini dimaksudkan untuk mendorong dan meningkatkan gairah para dosen/peneliti untuk mempublikasikan artikel ilmiah dalam Berkala Bereputasi Internasional sehingga terjadi peningkatan komunikasi ilmiah antar peneliti di kancah Internasional.

Usulan disampaikan paling lambat tanggal 1 Agustus 2011, Pukul 16.00 WIB dengan alamat:

Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional
Gedung D Ditjen Dikti Lt. 4, Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta Pusat,
Telp. (021) 57946100, Faks. (021) 5731846

Untuk panduan dan informasi lebih lanjut dapat mengujungi web site DIKTI.

Sumber Berita: Web Site DIKTI

_________________________________________________________________________________________

Penawaran Proposal Program Riset dan Inovasi ITB 2011

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka memudahkan pengelolaan administrasi dan menyeimbangkan tingkat competitivenes dalam setiap program penelitian dan inovasi, untuk tahun anggaran 2011 penawaran pemasukan proposal serta proses review proposal program riset dan inovasi akan dijadwalkan secara serentak.

Pemasukan proposal yang dijadwalkan secara serentak adalah pemasukan proposal untuk program program berikut ini:
1. Program Riset dan Inovasi KK
2. Program Riset Peningkatan Kapasitas
3. Program Desentralisasi DP2M Dikti (Program Hibah Bersaing, Penelitian Fundamental, Hibah Pascasarjana, dan Program Hibah Strategis Nasional DIPA ITB)
4. Program The Asahi Glass Foundation
5. Program Osaka Gas Foundation

Di samping itu, alokasi dana per kegiatan untuk semua program riset adalah 50 juta rupiah, kecuali untuk program riset Peningkatan Kapasitas yang besarnya 30 juta.

Panduan dan format proposal dapat diperoleh di bawah ini atau melalui http://research.itb.ac.id/. Pemasukan Proposal untuk seluruh program tersebut di atas dilakukan serentak secara online melalui Sistem Pengelolaan Program Penelitian ( http://research.itb.ac.id/. ). Batas akhir pendaftaran proposal adalah tanggal 30 September 2010.

Panduan: panduan-riset-itb-final

Format: format-proposal-riset-itb-2011-final

_________________________________________________________________________________________

Program Hibah Penulisan Buku Teks Tahun 2010/2011

Merujuk kepada surat Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat DIKTI nomor 1547/D3/LL/2010 tanggal 4 Agustus 2010 perihal Program Hibah Penulisan Buku Teks Tahun 2010/2011, bersama ini kami informasikan bahwa tahun 2010 ini Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali membuka kesempatan bagi para dosen untuk mengikuti Program Hibah Penulisan Buku Teks Tahun 2010/2011, dengan persayaratan sebagai berikut :

  1. Mengirimkan 1 (satu) salinan naskah buku teks dari hasil penelitian yang sudah siap 100% sekurang-kurangnya 200 halaman beserta softcopy (disket/CD);
  2. Mengirimkan Biodata;
  3. Mengirimkan Surat Pernyataan Penulis yang menyatakan : naskah belum pernah diterbitkan dan bebas plagiarism, belum pernah mendapatkan hibah dana yang bersumber dari DItjen Dikti, dan disahkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi atau Ketua Lembaga Penelitian

Usulan dapat dikirimkan ke :

Kantor WRRI/LPPM ITB
Gedung Rektorat ITB Lt. 5
Jl. Tamansari No. 64 Bandung

selambat-lambatnya tanggal 27 Agustus 2010 pukul 15.00 WIB , untuk kami teruskan ke DP2M Depdiknas.

Informasi lebih lanjut dapat diakses di alamat website http://dp2m-dikti.net

_________________________________________________________________________________________

 

Permintaan Laporan Kemajuan Penelitian DIPA ITB

Merujuk Perjanjian Pelaksanaan Penelitian dana DIPA ITB Pasal 4 antara Pejabat Pembuat Komitmen Pengadaan Barang dan Jasa ITB (PPK) dan Dekan Fakultas/Sekolah, bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa untuk mengajukan permohonan pembayaran tahap kedua, para peneliti Program Hibah Bersaing, Penelitian Fundamental, Program Hibah Pascasarjana, dan Program Hibah Strategis Nasional DIPA ITB dimohon untuk membuat laporan kemajuan kegiatan dan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana.

Format Laporan Kemajuan Kegiatan dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Dana dapat dilihat di awah ini. Para peneliti dimohon untuk mengupload laporan ke Sistem Pengelolaan Program Penelitian (http://research.itb.ac.id) dan menyerahkan hardcopy sebanyak 1 eksemplar ke LPPM.

Perlu kami sampaikan bahwa batas akhir pemasukan laporan kemajuan kegiatan penelitian DIPA ITB dan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana tahap I sesuai Perjanjian Pelaksanaan Penelitian dana DIPA ITB adalah tanggal 19 Juli. Mengingat diperlukannya waktu untuk proses pengajuan dana tahap II ke KPPN, maka batas waktu penyerahan laoran di LPPM adalah tanggal 1 Juli 2010 jam 15.00 .

Format Laporan Kemajuan Kegiatan: Format Lap Kemajuan Kegiatan

Format Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Dana: format-laporan-keuangan-penelitian-edit1

_________________________________________________________________________________________

Program Penelitian Indofood Riset Nugraha 2010/2011

Menindaklanjuti surat Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk nomor SKE26/CPR/VI/2010 tanggal 10 Juni 2010 perihal Penawaran Program Indofood Riset Nugraha 2010/2011, bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa PT Indofood Sukses Makmur Tbk membuka penawaran khusus bagi para peneliti di Institut Teknologi Bandung di bawah koordinasi LPPM ITB untuk berpartisipasi dalam Program Penelitian Indofood Riset Nugraha (IRN) 2010/2011.

Penawaran khusus ini diperuntukan bagi para mahasiswa S2 dan S3 secara perorangan dan kelompok serta dosen dalam bentuk kelompok di bawah koordinasi LPPM ITB. Kegiatan penelitian yang akan didanai adalah kegiatan penelitian dalam bidang Teknologi Pangan dan Gizi Masyarakat, khususnya:
1. Pengembangan Produk Kaya Protein
2. Pengembangan Teknologi dan Produksi Pangan Berbasis 10 Komoditas
3. Pengembangan Fortifikasi Pangan
4. Pemanfaatan Bioteknologi dan Kimia Pangan untuk Mendukung Penganekaragaman Pangan.

Program penelitian bersifat multiyears dengan jangka waktu maksimal 3 tahun. LPPM ITB akan memilih 3 judul proposal untuk diusulkan kepada Panitia Indofood Riset Nugraha untuk kemudian dipilih 2 proposal terbaik yang akan didanai dengan alokasi masing masing sebesar Rp. 50 juta per tahun.

Panduan dan format proposal dapat diperoleh di bawah ini. Batas akhir penerimaan proposal adalah tanggal 12 Juli 2010 di LPPM ITB.

Panduan dan Format Proposal: proposal-irn-2010-itb-2 _________________________________________________________________________________________

Tawaran Program Pengabdian kepada Masyarakat, ITB 2010

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa pada tahun 2010, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB membuka penawaran pemasukan proposal Program Pengabdian kepada Masyarakat yang didanai oleh ITB untuk periode 2010-2011. Program Pengabdian Masyarakat ITB merupakan kegiatan implementasi nyata hasil iptek rintisan civitas akademika ITB, atau hasil iptek milik umum (public domain) yang diselenggarakan oleh civitas akademika ITB untuk masyarakat.

Ruang lingkup program PPM dikategorikan sebagai berikut:
1. Aplikasi teknologi dan karya seni
2. Pembinaan pengetahuan dan keterampilan
3. Konsultansi dan kemitraan
4. Rintisan usaha mandiri
5. Peningkatan produktivitas dan kualitas UKM

Alokasi dana untuk Program Pengabdian kepada Masyarakat adalah Rp. 500 juta untuk 10 proposal. Panduan dan format proposal dapat diperoleh di bawah ini. Proposal didaftarkan ke LPPM ITB secara online melalui Sistem Pengelolaan Program Penelitian ( http://research.itb.ac.id ). Batas akhir pengajuan proposal adalah tanggal 19 Juli 2010 . Mohon kunjungi Sistem Pengelolaan Program Penelitian ( http://research.itb.ac.id ) untuk informasi mengenai pemasukan proposal secara online.

Panduan Program PM 2010: Panduan Program PM _________________________________________________________________________________________

Perubahan Jadwal Program Multitahun DIKTI 2010

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa pemasukan proposal khusus untuk Program Hibah Bersaing dan Fundamental DIKTI untuk Tahun Anggaran 2011 diundur menjadi:

24 SEPTEMBER 2010 jam 15.00 di LPPM

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website LPPM ITB (www.lppm.itb.ac.id) atau download disini

_________________________________________________________________________________________

Panduan Hibah Inovasi Pengajaran ITB Tahun 2010

Persyaratan yaitu Individu Dosen atau Kelompok Dosen ITB.

Kegiatan:

  1. Batas akhir pemasukan proposal 11 Juni 2010
  2. Pengumuman Pemenang: 5 Juli 2010
  3. Penandatanganan kontrak: 17 Juli 2010
  4. Penyerahan laporan kemajuan: awal oktober 2010
  5. Penyerahan laporan akhir : 23 Nopember 2010

Pemasukan proposal

Dikirim rangkap 2 (dua ) ke alamat: Lembaga Pengkajian Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP4 ITB)-Gedung CCAR Lantai 4-Jl. Tamansari No. 64 Bandung.

Untuk informasi lebih lengkap bisa klik link berikut Panduan Hibah Inovasi Pengajaran ITB Tahun 2010

_________________________________________________________________________________________

Pengumuman Pendaftaran On-line Insentif Riset Tahun 2011

Kementerian Riset dan Teknologi (KRT) dan Dewan Riset Nasional (DRN) membuka kesempatan bagi seluruh peneliti Indonesia dari lembaga litbang non kementerian dan kementerian, lembaga penelitian di lingkungan perguruan tinggi negeri dan swasta, LSM dan yayasan untuk mengikuti Insentif Riset Tahun 2011 dalam rangka mendorong aktivitas litbang, Peningkatan Kapasitas Iptek Sistem Produksi dan Difusi Iptek.

Khusus bagi perusahaan/industri wajib bekerja sama dengan lembaga litbang pemerintah. Judul proposal mengacu pada topik dan sasaran dalam produk terget pada setiap bidang fokus serta jenis insentif yang telah ditentukan pada Pedoman Insentif Riset Edisi-5 .

Pendaftaran on line dapat dilakukan mulai tanggal 30 April 2010 sampai dengan 28 Mei 2010, pukul 18.00 WIB. Bacalah Ketentuan, Tata Cara Pengisian Formulir Aplikasi dan Pedoman Insentif Riset Edisi-5 yang disediakan pada template insentif riset. Tahapan seleksi meliputi: seleksi berkas formulir aplikasi on line, penilaian kelayakan proposal (desk evaluation) dan presentasi serta evaluasi usulan biaya.

Untuk mengisi Formulir Aplikasi secara on line silahkan klik Insentif Riset 2011

_________________________________________________________________________________________

Penerimaan Proposal Program Osaka Gas Foundation of International Cultural Exchange (OGFICE) 2010

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa LPPM ITB kembali membuka penawaran pemasukan proposal Program Osaka Gas Foundation of International Cultural Exchange (OGFICE) yang didanai oleh Osaka Gas Foundation untuk periode 2010-2011.

Total alokasi dana penelitian OGFICE 2010 adalah $15.000 untuk 3 judul proposal. Proposal kegiatan penelitian yang diusulkan harus berkaitan dengan topik penelitian yang telah ditentukan oleh Osaka Gas Foundation yaitu Technologies Concerned with Natural Gas atau Global Environmental Problems.

Batas akhir pengajuan proposal adalah tanggal 24 Mei 2010, jam 15:00. Proposal yang diusulkan harus didaftarkan secara online melalui website http://research.itb.ac.id/ .

Panduan dan format proposal dapat diperoleh disini

_________________________________________________________________________________________

Program Dana Pengembangan Inovasi IA ITB 2010

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB membuka penawaran pemasukan proposal Program Dana Pengembangan Inovasi yang didanai oleh Ikatan Alumni ITB untuk periode 2010-2011. Program ini memberi kesempatan kepada dosen ITB agar mampu mewujudkan karya inovatifnya untuk mendapatkan pengakuan pada tataran nasional maupun internasional.

Program Dana Pengembangan Inovasi IA ITB 2010 mendanai 2 judul dengan maksimum dana masing-masing Rp. 100 juta . Output yang dituntut adalah prototype akhir/produk inovatif yang layak diindustrikan dan dikomersialisasikan, atau menghasilkan industri baru ( new start-up company ), serta memiliki dampak langsung yang signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat pengguna.

Panduan dan format proposal dapat diperoleh di bawah ini. Batas akhir pengajuan proposal adalah tanggal 1 Juni 2010, jam 15:00 di LPIK ITB , Gedung CCAR Lantai 5 ITB. Jl. Tamansari No. 64 Bandung.

Panduan : guideline_inovasi_iaitb2010

_________________________________________________________________________________________

Penerimaan Proposal Program Riset Peningkatan Kapasitas dan Program Penguatan Riset Institusi ITB 2010

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka membangun landasan pengembangan arah riset guna mendukung ITB sebagai research, teaching and technopreneur university, untuk tahun 2010, ITB mengagendakan program-program riset baru sebagai kelengkapan Program Riset ITB (Riset KK, Riset Internasional, Riset Unggulan) yang sudah berjalan.

Program program riset tersebut adalah:

  1. Program Penguatan Riset Institusi
    Total alokasi dana Program Penguatan Riset Institusi adalah sebesar Rp. 2,75 M untuk 55 judul (@ 50 jt rupiah). Prioritas pendanaan untuk program ini adalah bagi Guru Besar atau Lektor Kepala yang sudah mempunyai kewenangan sebagai Promotor S3.
  2. Program Riset Peningkatan Kapasitas ITB
    Total alokasi dana Program Peningkatan Kapasitas ITB adalah sebesar Rp. 2,25 M untuk 75 judul (@ 30 jt rupiah). Sasaran dari Program Riset Peningkatan Kapasitas adalah staf dosen ITB yang belum terlibat secara aktif dalam kegiatan penelitian. Dosen ITB yang dapat mengusulkan proposal untuk program ini sebagai Peneliti Utama adalah staf Dosen ITB yang selama 3 tahun terakhir tidak mendapatkan dana riset baik dari ITB maupun dari pihak lain baik sebagai peneliti utama maupun sebagai peneliti anggota.

Panduan dan format proposal dapat diperoleh melaui website LPPM ( www.lppm.itb.ac.id ) atau melalui http://research.itb.ac.id/ . Proposal didaftarkan ke LPPM ITB secara online melalui website http://research.itb.ac.id/ . Batas akhir pengajuan proposal adalah tanggal 24 Mei 2010 . Mohon kunjungi website http://research.itb.ac.id/ untuk informasi terkini mengenai pemasukan proposal secara online.

Panduan dan Format Proposal Program Penguatan Riset Institusi : Panduan Penguatan Riset Institusi

Panduan dan Format Proposal Program Riset Peningkatan Kapasitas ITB: program-riset-pkp-itb-final

_________________________________________________________________________________________

Penerimaan Proposal Program Hibah Riset (HR) IA ITB 2010

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa LPPM ITB kembali membuka penawaran program penelitian Hibah Riset Ikatan Alumni 2010-2011.

Hibah Riset IA-ITB adalah riset dengan keunggulan baik dari orisinalitas maupun kemanfaatannya. Program riset ini diharapkan menjadi pemacu lahirnya periset ITB yang tangguh dan mendapatkan pengakuan di tingkat internasional. Program Hibah Riset IA ITB dibagi menjadi 3 kategori yaitu:

a. Kategori A
Maksimum usulan dana untuk kategori A adalah Rp 100 juta. Output yang dituntut untuk kegiatan penelitian Program Hibah Riset IA ITB Kategori A adalah minimal 2 Publikasi di Jurnal Internasional yang terdaftar di Scopus dan memiliki impact factor tinggi di bidangnya.

b. Kategori B
Maksimum usulan dana untuk kategori B adalah Rp 75 juta. Output yang dituntut untuk kegiatan penelitian Program Hibah Riset IA ITB Kategori B adalah minimal 1 Publikasi di Jurnal Internasional yang tersitasi dan 1 Publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi.

c. Kategori C
Maksimum usulan dana untuk kategori C adalah Rp 50 juta. Output yang dituntut untuk kegiatan penelitian Program Hibah Riset IA ITB Kategori C adalah minimal 1 Publikasi di Jurnal Internasional yang tersitasi.

Tanggal akhir pengajuan proposal adalah tanggal 24 Mei 2010. Proposal didaftarkan ke LPPM ITB secara online melalui website http://research.itb.ac.id/ . Mohon kunjungi website http://research.itb.ac.id/ untuk informasi terkini mengenai pemasukan proposal secara online.

Panduan dan Format Proposal: guideline_hriaitb-201012april2010

Formulir Penilaian Proposal: form-penilaian

_________________________________________________________________________________________

Penerimaan Proposal Program Riset Peningkatan Kapasitas dan Program Penguatan Riset Institusi ITB 2010

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa dalam rangka membangun landasan pengembangan arah riset guna mendukung ITB sebagai research, teaching and technopreneur university, untuk tahun 2010, ITB mengagendakan program-program riset baru sebagai kelengkapan Program Riset ITB (Riset KK, Riset Internasional, Riset Unggulan) yang sudah berjalan.

Program program riset tersebut adalah:

  1. Program Penguatan Riset Institusi
    Total alokasi dana Program Penguatan Riset Institusi adalah sebesar Rp. 2,75 M untuk 55 judul (@ 50 jt rupiah). Prioritas pendanaan untuk program ini adalah bagi Guru Besar atau Lektor Kepala yang sudah mempunyai kewenangan sebagai Promotor S3.
  2. Program Riset Peningkatan Kapasitas ITB
    Total alokasi dana Program Peningkatan Kapasitas ITB adalah sebesar Rp. 2,25 M untuk 75 judul (@ 30 jt rupiah). Sasaran dari Program Riset Peningkatan Kapasitas adalah staf dosen ITB yang belum terlibat secara aktif dalam kegiatan penelitian. Dosen ITB yang dapat mengusulkan proposal untuk program ini sebagai Peneliti Utama adalah staf Dosen ITB yang selama 3 tahun terakhir tidak mendapatkan dana riset baik dari ITB maupun dari pihak lain baik sebagai peneliti utama maupun sebagai peneliti anggota.

Panduan dan format proposal dapat diperoleh melaui website LPPM ( www.lppm.itb.ac.id ) atau melalui http://research.itb.ac.id/ . Proposal didaftarkan ke LPPM ITB secara online melalui website http://research.itb.ac.id/ . Batas akhir pengajuan proposal adalah tanggal 24 Mei 2010 . Mohon kunjungi website http://research.itb.ac.id/ untuk informasi terkini mengenai pemasukan proposal secara online.

Panduan dan Format Proposal Program Penguatan Riset Institusi : Panduan Penguatan Riset Institusi

Panduan dan Format Proposal Program Riset Peningkatan Kapasitas ITB: program-riset-pkp-itb-final