Albi Arjani Teknologi Pascapanen 2015 3rd Winner in Market Reseacrh and Comparative Study (3 Countries)

Market Reseacrh merupakan proses dalam pengembangan ide Start Up berupa pengumpulan informasi terkait pemasaran yang nantinya informasi tersebut digunakan untuk meningkatkan peluang bisnis, memperbaiki sekaligus memantau kinerja pemasaran  dan mengatasi masalah yang muncul, mengerucutkan informasi yang penting untuk mengatasi masalah, mendesain metode pengumpulan informasi, mengelola dan menerapkan proses pengumpulan data, analisis hasil dan mengungkapkan temuan dan kesimpulannya. Kegiatan tersebut dilaksanakan dibeberapa Universitas 3 negara yaitu Malaysia, Singapore dan Thailand. Inovasi yang dibawakan oleh Mahasiswa Teknologi Pascapanen SITH  ITB Albi Arjani bernama TRANSFARMER sebuah Inovasi Terintegrasi Pendistribusian hasil Panen Pertanian Lokal sebagai Uapaya Peningkatan Perekonomian berbagai Pihak hingga Mengurangi Angka Impor Negara, dan menjadi perwakilan bagi Institut Teknologi Bandung.

Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi AlbI sebagai generasi muda untuk berperan dalam memberikan suatu gagasan dan inovasi sebagai wujud nyata untuk mendukung pembangunan bangsa. Inovasinya mendapatkan penghargaan sebagai Juara Ke-3. Inovasi yang mendorong kesejahteraan mulai dari petani hingga berdampak positif kepada masyarkat dengan menghadirkan komoditas yang berkualitas dan harga yang bersahabat. Pelaksanaan kegiatan untuk di Malaysia dilaksanakan di MAGIC (Malaysian Global Innovation & Creativity Centre), Universitas Nasional Singapore sementara untuk di Thailand dilaksanakan di Thaksin University dan Prince of Sokhla University kegiatan berlangsung selama 6 Hari.

Inovasinya tersebut diharapkan membantu permasalahan perekonomian baik bagi petani hingga membantu pemasukan terhadap devisa negara dengan melakukan kegiatan ekspor dan menekan angka impor negara. Transfarmer memilikin Inovasi tempat penyimpanan agar komoditas pascapanen mampu bertahan hingga tempat tempat tujuan akhir dengan kondisi masih segar sehingga mampu mengurangi angka kehilangan (Losses) selama proses pendistribusiannya. Transfarmer juga bekerjasama bersama Petani dan Pengepul dalam membuka akses pasar yang baru agar masyarakat lebih mudah mendapatkan produk pascapanen. Tidak lupa juga Transfarmer melakukan pembinaan dan membantu sertfikasi kepada petani dan pengepul agar menghasilkan produk yang memiliki kualitas lebih baik.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish