BANDUNG BIOINDUSTRY AND LAB EXPO

Penulis : Annisa Fitri Larassagita

Bandung Bioindustry and Lab Expo (BBLE) merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati 70 tahun Pendidikan Biologi yang mempertemukan akademisi, pemerintah, bisnis, dan masyarakat umum. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 8-9 Oktober 2018. BBLE terdiri dari Expo yang berlokasi di Aula Barat ITB dan Workshop yang berlokasi di Ruang Seminar Lantai 3 Labtek XI. Kegiatan Expo BBLE diikuti oleh 20 tenantyang bergerak di bidang Biologi dan Bioindustri, diantaranya terdiri dari Tim Olimpiade Biologi Indonesia, SITH, PT. Pasifik Saintifindo, PT. Smart Lab Indonesia, PT. Sadya Balawan, Bio Farma, PT. Ikapharmindo Putramas, PT. Vaksindo Satwa Nusantara, Air Liquide Indonesia, PT. Merck Chemical and Life Science, PT. Elo Karsa Utama, PT. Pupuk Indonesia, Martha Tilaar Group, PT. Enseval Medika Prima, PT. Kurniajaya Muktisentosa, PT. Diastika Biotekindo, PT. Indotech Science, PT. Gaia Science Indonesia, Ika Works (Asia) Sdn Bhd, dan PT. BD Indonesia.

Hari pertama kegiatan Expo dibuka oleh Dekan SITH yaitu Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, Ph.D.dan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan yaitu Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono. Selanjutnya, Ketua Panitia, Dekan, dan Wakil Rektor berkunjung ke seluruh stand untuk melihat berbagai produk yang disediakan oleh tenant. Antusiasme pengunjung untuk mengikuti Expo sangat tinggi, terlihat dari jumlah pengunjung sekitar 300 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, praktisi, dan masyarakat umum. Para perwakilan dari tenantyang ramah dan memberikan banyak informasi serta adanya doorprizedi akhir kegiatan semakin menambah minat pengunjung untuk mengunjungi seluruh stand. Kegiatan Expo juga dimeriahkan oleh penampilan livemusic dari mahasiswa SITH.

Selain penampilan live music, Expo diisi dengan Lecturer Series. Lecturer Series terdiri dari 3 tema dengan pembagian Lecturer I dan II pada hari pertama dan Lecturer III di hari berikutnya. Lecturer Series dipandu oleh moderator yang merupakan salah satu Staff Dosen SITH yaitu Bapak Dr. Wardono Niloperbowo, Ph.D. Beberapa narasumber yang ahli di bidangnya mengisi Lecturer Series ini, diantaranya Lecturer Series I yang disampaikan oleh CEO Sahejo Ecopark yaitu Bapak Syauki Amin dengan tema “Market Segmentation”. Lecturer Series II disampaikan oleh AVP Product Research PT. Pupuk Indonesia yaitu Bapak Gita Bina Nugraha dengan tema “Value Proposition”. Lecturer III disampaikan oleh Head of Marketing PT. Ikapharmindo Putramas yaitu Bapak Dicky Handoko dengan tema “Branding and Brand Management”. Adanya Lecturer Series ini diharapkan dapat menjadi ajang bertukar pikiran serta dapat meningkatkan pengetahuan para peserta mengenai bioindustri.

 

 

 

 

 

 

Workshop scientific yang dilakukan di tempat terpisah diadakan oleh 4 perusahaan besar yaitu PT. Merck Chemical and Life Science, PT. Smart Lab Indonesia, PT. BD Indonesia, dan Bio Farma. Jadwal workshop di hari pertama disampaikan oleh PT. Merck Chemical and Life Science dengan tema “Complete Protein Workflow in Biotechnology” dan workshop kedua diberikan oleh PT. Smart Lab Indonesia dengan tema “Innovation SMART-LAB for Bioscience (Glassware and Microbiology)”. Jadwal workshop di hari berikutnya diberikan oleh PT. BD Indonesia dengan tema “Personal Flow Cytometer: Simplifying Stem Cells Characterization and Analysis” dan workshop keempat diberikan oleh Bio Farma dengan tema “From Bench to Market: Tips and Tricks in Vaccine Development”. Peserta masing-masing workshop setidaknya 35orang berasal dari sekolah, instansi, dan universitas yang sebelumnya telah mendaftar secara online.

Kegiatan BBLE baik itu workshop maupun Expo, tidak terlepas dari peran panitia. Seluruh tenant merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh panitia dan hanya sedikit yang merasa bahwa pasar yang ditargetkan kurang tercapai. Namun, sebagian besar dari perusahaan tenant berkenan untuk berpartisipasi kembali dalam kegiatan BBLE sehingga diharapkan kegiatan BBLE seperti ini dapat diadakan dengan lebih baik lagi.

 

 

Berita Terkait

IndonesiaEnglish