Buku : DARI ITB UNTUK INDONESIA BIOREFINERY KOPI

Penulis : Dr. M. Yusuf Abduh

Buku Biorefinery Kopi merupakan buku keempat dari seri buku Dari ITB untuk Indonesia yang memuat kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh civitas akademika Institut Teknologi Bandung (ITB). Hasil penelitian yang ada di buku merupakan output dari program penelitian berjudul Perancangan Sarang (Hive) dan Sistem Pemeliharaan Lebah Tetragonula Untuk Produksi Madu-Propolis Pada Perkebunan Kopi yang didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Tetragonula laeviceps

Buku ini memberikan gambaran kerjasama penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Kelompok Keahlian Agroteknologi dan Teknologi Bioproduk ITB, yang bekerjasama dengan Biorefinery Society dan Gabungan Kelompok Tani Bandung Barat. Kopi dipilih menjadi obyek penelitian karena Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia dengan lahan perkebunan mencapai lebih dari 1.2 juta hektar. Tim peneliti coba untuk mengangkat tema Dari Kebun ke Kafe dengan harapan dapat membuka wawasan para petani kopi tentang potensi komersialisasi dari biji kopi berkualitas menjadi secangkir kopi yang dapat dinikmati oleh warga milenial.

Buku ini dikemas dalam bentuk komik dengan harapan dapat menarik minat para pembaca untuk memahami informasi ringan tapi berkualitas tentang potensi dan manfaat pengembangan sistem perkebunan kopi yang terintegrasi dengan budidaya lebah tanpa sengat menggunakan konsep biorefinery. Besar harapan tim penulis bahwa buku ini dapat menjadi bahan bacaaan yang bermanfaat untuk berbagai kalangan masyarakat di Indonesia.

Ingin Baca selengkapnya ? silahkan download

Berita Terkait

IndonesiaEnglish