Wisuda Program Alih Jenjang Diploma IV Manajemen Laboratorium Biologi SMA Aula Timur ITB, 21 Maret 2013

Wisuda Program Alih Jenjang Diploma IV Manajemen Laboratorium Biologi SMA telah dilangsungkan pada pagi hari ini mulai pukul 09.00 WIB, untuk melantik 31 lulusan sebagai Sarjana Sains Terapan. Walaupun diselenggarakan secara mandiri oleh SITH-ITB, namun protokol yang digunakan adalah protokol standar dari ITB Pusat untuk penyelenggaraan wisuda program Diploma. Dalam pelaksanaan acara, Direktur Hubungan Masyarakat dan Alumni (Dr. Marlia Singgih) dan Kepala Tim Protokol ITB (Ibu Anis Sussieyani) turut membimbing dan mengawasi jalannya acara.

Setelah pelaporan program oleh Koordinator Program Alih Jenjang Diploma IV, Dr. Sony Suhandono, para wisudawan dilantik dan dinyatakan sebagai Sarjana Sains Terapan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung, dan berhak menjadi anggota Ikatan Alumni ITB. Kepala P4TK-IPA Bandung, Dr. Sediono Abdullah, turut memberikan apresiasi dan tambahan motivasi kepada para wisudawan yang berhasil menjalani proses peningkatan kualitas pendidik ini hingga lulus. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama ini dilaksanakan atas permintaan P4TK IPA yang program utamanya adalah menyiapkan manajer laboratorium IPA Biologi untuk SMA di seluruh Indonesia. Dari berbagai kegiatan di ITB (perkuliahan dan laboratorium) serta on job training di berbagai SMA tempat bekerja, diharapkan diperoleh suatu hasil (outcome) yang dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas proses belajar di SMA sehingga menjadi lebih baik. Selain itu diharapkan juga lebih dapat berkontribusi dalam peningkatan standar keterampilan siswa atau ikut mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih baik untuk masuk ke dunia kerja.

Tidak kalah khidmat dan menyentuh adalah saat wakil wisudawan menyampaikan kesan dan pesannya selama menjalani proses alih jenjang ini. Berikut cuplikan kata perpisahan dari wakil wisudawan, Ibu Darwati, S.St, S.Pd, M.Si:

“Hadirin yang saya hormati…

Usai sudah penantian kami yang penuh harap dan kecemasan, karena pada hari ini Kamis, 21 Maret 2013, Mahasiswa Program Alih Jenjang D4 Manajemen Laboratorium Biologi benar-benar diwisuda di kampus ITB yang megah dan senantiasa mengukir prestasi.

Jujur, kami merasa bangga bisa diwisuda di kampus ITB, yang merupakan kampus idaman, kampus impian bagi sebagian besar pelajar di negara Indonesia maupun mancanegara.

Bagi kami, program alih jenjang D4 Manajemen Laboratorium Biologi ini sangat bermanfaat. Walaupun di antara kami ada yang sudah menempuh S2, kami merasa mendapat tambahan ilmu baru yang belum kami peroleh saat kuliah S1 maupun S2, baik dalam hal manajemen laboratorium maupun penguatan materi biologi. Ini membuat kami semakin percaya diri di hadapan anak didik di saat mengajar maupun mendampingi praktikum di laboratorium biologi.

“Ilmu tiada pernah berujung”. Semakin banyak membaca, semakin banyak belajar, maka akan semakin banyak hal yang belum diketahui. Apalagi sebagian besar dari kami adalah pendidik. Jangan sampai ketinggalan ilmu pengetahuan baru, seiring dengan perkembangan jaman. Kita tanamkan long life education agar menjadi seorang pendidik yang profesional sehingga mampu mencetak generasi muda yang handal.

Civitas Akademik Program Alih Jenjang D4 Manajemen Lab yang terhormat,

Saya mewakili rekan-rekan program alih jenjang D4 Manajemen Lab menghaturkan rasa terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang telah diberikan kepada kami. InsyaAllah kami semua akan menerapkan ilmu yang kami peroleh di dalam kelas maupun praktikum kepada anak didik di sekolah kami masing-masing.

Hadirin yang saya hormati,

Menjalani masa perkuliahan, baik di SITH ITB dan P4TK-IPA Bandung yang jaraknya jauh dari keluarga, karena tuntutan tugas mengajar mengharuskan kami pulang balik ke Bandung setiap minggu adalah suatu pengalaman, perjuangan, pertarungan sekaligus kenangan yang tak akan pernah hilang. Karena beratnya tugas dan penatnya keadaan saat itu, sangat memungkinkan kami melakukan kesalahan, kekhilafan baik sengaja maupun tidak sengaja, baik secara lisan maupun tindakan. Untuk itu, atas nama rekan-rekan Program Alih Jenjang D4 manajemen Lab Biologi, dari lubuk hati kami yang paling dalam, kami menghaturkan permohonan maaf yang setulus-tulusnya.”

Setelah foto bersama, seluruh hadirin menikmati sajian, diiringi musik gamelan yang kemudian berganti menjadi hiburan lagu persembahan dari panitia dan wisudawan. Suasana menjadi semakin hangat dengan mulainya para wisudawan berfoto bebas dan begitupun panitia.

Semoga para wisudawan dapat memanfaatkan dan menyebarkan ilmu dan pengalaman yang mereka peroleh kepada murid-murid di sekolahnya masing-masing, dan kualitas pendidikan di Indonesia selalu semakin meningkat dan mampu menjawab tantangan di masa depan. Aamiin.

Penanggungjawab Acara,

Istiana Ilma Sakina

 

Berita Terkait

IndonesiaEnglish