Pelaksanaan Mikoina 2015

Pertemuan Ilmiah Perhimpunan Mikologi Indonesia tahun 2015 yang di laksanakan di ITB berjalan dengan lancar. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 28 – 30 Mei 2015 mengusung tema “Membangun Mikologi Indonesia Sebagai Katalis Pembangunan Ekonomi Bangsa di Berbagai Sektor Industri Berbasis Biosains”. Pada tanggal 28-29 Mei 2015 kegiatan berlangsung di Gedung Aula Barat dan Aula Timur kampus Ganesa ITB sedangkan pada tanggal 30 Mei 2015 kegiatan di tutup dengan “Mushroom Hunting” bersama ke kawah putih-Ciwidey Bandung. “Mushroom Hunting” adalah kegiatan karyawisata yang bersifat edukatif untuk mengidentifikasi jamur dan tumbuhan di kawasan tertentu yang dibimbing oleh para pakar.

Sebelum acara di mulai, kegiatan mikoina ini diawali dengan Laporan Ketua Panitia : Dr. Ir. Sri Harjati Suhardi dan Sambutan Ketua MIKOINA Dr. Nuniek Ina Ratnaningtyas

Fokus kegiatan di Aula Timur adalah berkaitan dengan seminar yang diawali dengan pembukaan oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono sebagai Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi dan Kemitraan ITB. Dalam sambutannya, Prof. Bambang memberikan pesan agar dalam kegiatan mikoina dapat dijalin hubungan lebih erat dalam membangung jejaring pada bidang mikologi sehingga pada saatnya nanti akan diperoleh berbagai inovasi yang dapat menjawab kebutuhan masyarakan pada bidang mikologi. Kegiatan dan hasil yang didapat, diharapkan dapat memicu lebih cepatnya ITB mencapai entrepreneurial University.

Acara seminar di hadiri oleh Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha sebagai Dekan SITH ITB merangkap sebagai pembicara, para dosen SITH ITB, para pembicara dan para tamu undangan lainnya. Berikut adalah kegiatan para pembicara dan kegiatan dalam seminar di Aula Timur ITB :

WAKTU DESKRIPSI ACARA

08.15-08.45

Kuliah Umum 1: Prof. Dr. Ir. Nursamsi Pusposendjojo (UGM) “Perkembangan Mikologi di Indonesia”
10.30-11.00
Dr. Atik Retnowati (LIPI) “Diversitas cendawan Indonesia : kekayaan terpendam”
Prof. Dr. Ocky Karnaradjasa (UNDIP) “Potensi fungi bahari dalam menunjang industri”
11.00-11.30
Oral Presentation (1 – 8 Peserta)
Dra. Wellyzar Sjamsuridzal, M.Sc, Ph.D (UI) “Yeast”
15.00-15.30
Prof. Dr. Tarkus Suganda (UNPAD) “Status fungi fitopatogen dalam menyongsong ketahanan pangan”
Dr. I. Nyoman P. Aryantha (ITB) “Aplikasi Cendawan sebagai Obat dan Nutriceutical
15.30-16.00
Dr. Catur Hermanto (BPTP Sumut) “Aplikasi fungi dalam sistem agrikultur yang harmonis”
Oral Presentation (1 – 8 Peserta)

IMG_0382

Sedangkan Fokus di Aula Barat Kegiatan expo terdiri dari pameran jamur dan/atau karya lain berbasis jamur. Stand perusahaan yang berpartisipasi juga meramaikan kegiatan ini. Berikut merupakan daftar kegiatan Expo:

  1. Pameran Teknologi Kultivasi Jamur
  2. Mushroom Art and Merchandise
  3. Mushroom Innovation
  4. Mushroom Theater
  5. Mushroom Culinary
  6. Edukasi
  7. Booth perusahaan yang berpartisipasi

IMG_0387 DSC00047

Berita Terkait

IndonesiaEnglish