JOGOWES SITH UNITED

DI KAMPUS ITB JATINANGOR, SABTU 6 JUNI 2015

Sabtu (6/6/2015) pagi hari yang begitu cerah disertai udara yang sejuk dan kicau burung serta bunga-bunga tumbuhan liar yang bermekaran, Kampus ITB Jatinangor menjadi semakin semarak dengan berkumpulnya para dosen SITH beserta keluarga dalam rangka JOGOWES SITH. Istilah “JOGOWES” ini menjadi trending topic minggu ini, yaitu perpaduan JOGGING dan GOWES.


Pak Dekan (Dr. I Nyoman PA) bersama para dosen yang telah hadir pada pukul 07.00 mengawali aktivitas dengan bersenam pagi bersama. Setelah bersenam pagi dan semua berkumpul, tepat pada pukul 07.30 acara JOGOWES siap dimulai dengan diawali berfoto bersama di halaman gedung utama kampus ITB Jatinangor. Dukungan dari Pak Adi Pancoro pun telah siap dengan sepeda-sepedanya untuk digunakan sebagian dosen dan keluarga yang memilih bersepeda. Sebagian lagi memilih untuk jogging menyisiri track sekeliling kampus.


Tim Gowes diikuti oleh Pak Adi dan keluarga, Pak Taufik, Bu Marcel, Pak Ihak, Pak Yayat dan Pak Darwis mulai mengitari kawasan kampus Jatinangor.
Tim Jogging dipimpin langsung oleh Pak Dekan dan Ibu WDS (Dr. Iriawati) diikuti oleh sebagian besar peserta ibu-ibu dan bapak-bapak berjalan mengikuti jogging track. Sepanjang perjalanan menjadi semakin mengasyikkan sambil berwisata edukasi mengingat banyaknya objek-objek menarik mulai dari koleksi plasma nutfah, arboretum jati, beberapa jenis serangga dan burung, system tata air, bahkan dijumpai bekas-bekas aktivitas ular. Pak Sony Heru menyampaikan bahwa di kawasan kampus ini kerap dijumpai beberapa jenis ular termasuk ular kobra. Hal itu dibuktikan dengan dijumpainya bekas lepasan kulit ular kobra.
Tim JOGOWES kembali berkumpul di titik check dam (bendungan) dan menyempatkan berfoto bersama dan melanjutkan perjalanan. Tim Gowes nampak lebih berkeringat setelah mengitari hampir semua jalan di kampus. Tim jogging juga terlihat asik melakukan interpretasi lingkungan dengan nara sumber Pak Sony Heru dan Pak Sopandi, disertai canda ria Pak Wardono, Pak Eka, Pak Rudi dan Pak Dadang serta obrolan ibu-ibu yang begitu meriah sepanjang jalan membuat jogging ini tidak terasa melelahkan.

Perjalanan berlanjut ke arah danau di bagian depan kampus, di lokasi ini tim JOGOWES disambut oleh birunya air danau dan bunga-bunga rumput liar, kedua objek ini pun tak luput dari jepretan kamera peserta. Tim kemudian menuju track sepanjang gedung Rekayasa Kehutanan, beberapa koleksi jenis-jenis pohon dijumpai di areal ini menjadi objek obrolan ilmiah Bu Iriawati dan dosen-dosen seperti Diospyros celebica (kayu hitam), Khaya antotheca (mahoni afrika), Antidesma bunius (huni), beberapa jenis Eucalyptus dan jenis-jenis lainnya. Perjalanan tim JOGOWES akhirnya tiba di tempat finish dan kembali ke gedung utama dilanjutkan dengan menikmati botraman aneka jajanan tradisional dari ibu-ibu ditambah kue khas “ali agrem” dari Pak Dadang, serta menu special “nasi miko” ala Pak Nyoman dan sambal cobek ala Pak Sony Heru.
Kegiatan ini ditutup dengan penyampaian Pak Dekan bahwa JOGOWES ini akan menjadi kegiatan rutin SITH. Selanjutnya marilah kita sambut bulan ramadhan yang akan tiba di pertengahan bulan Juni ini. Selamat menunaikan ibadah shaum ramadhan. (reported by Ichsan Suwandhi, 6/6/2015).

Berita Terkait

IndonesiaEnglish