Visiting Gunung Geulis Community Forest

Kegiatan kunjungan lapangan ke wilayah Gunung Geulis di sekitar Jatinangor merupakan salah satu agenda dari student exchange SITH-ITB dan Kookmin University. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta dan dipandu oleh dosen SITH-ITB, Dr. Yayat Hidayat dan Dr. Eka M. Alamsyah. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengetahui bentuk pengelolaan kawasan Gunung Geulis yang dilakukan oleh masyarakat lokal binaan SITH-ITB yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Gunung Geulis.

Para mahasiswa (khususnya mahasiswa KMU) diberikan penjelasan tentang sejarah penghijauan dan bentuk-bentuk program pemberdayaan masyarakat yang telah berhasil diterapkan sebagai bagian dari upaya penghijauan kawasan Gunung Geulis. Pada kesempatan ini para mahasiswa bertemu langsung dengan tokoh-tokoh dan praktisi forum, antara lain Pak Syaefudin (Ketua Forum Gunung Geulis), Pak Dede dan Pak Subandi (masyarakat pelaku program pemberdayaan). Selain itu para peserta juga diperkenalkan dengan tokoh masyarakat lainnya yang dikenal sebagai pemerhati lingkungan di wilayah ini, yaitu Ibu Yayan, tokoh yang menjadi mitra forum yang cukup berhasil menggerakkan masyarakat dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh dosen dan mahasiswa KMU dalam mengenali secara langsung di lapangan bentuk pengembangan hutan rakyat yang umumnya berupa agroforestry. Beberapa mahasiswa KMU menyatakan bahwa ini merupakan pengalaman pertama mereka melihat hutan rakyat. Selain pengembangan hutan rakyat, para mahasiswa juga diperkenalkan bentuk-bentuk usaha berbasis lahan lainnya yang dilakukan masyarakat, antara lain pengembangan budidaya buah naga. Peternakan ayam dan kambing juga menjadi objek menarik pengamatan mereka..

Berita Terkait

IndonesiaEnglish