Prof. Harald zur Hausen pada acara “International Conference on Biomedical Science 2012

Peraih nobel kedokteran tahun 2008 Prof. Harald Zur Hausen pada International Conference on Biomedical Science 2012: Prospect and Challenge of Biomedical Research yang digelar Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Institut Teknologi Bandung, di Aula Barat ITB Jln. Ganesa Bandung, Senin (27/2) menyampaikan materi ‘Viruses in Human Cancers”.

Beliau menuturkan bahwa kanker serviks bisa dicegah. Bahkan berdasa rkan hasil penelitiannya, sebanyak 70 persen hingga 80 persen kanker serviks bisa dicegah dengan vaksinasi.
Vaksinasi bisa dimulai saat seseorang berusia 9 sampai 14 tahun, baik itu untuk perempuan maupun laki-laki. Ini dilakukan untuk pencegahan dan deteksi dini.
Vaksinasi dilakukan selama tiga kali, setelah vaksinasi pertama, vaksinasi kedua dilakukan satu bulan berikutnya dan vaksinasi ke tiga pada enam bulan setelahnya. Vaksin yang digunakan adalah gardasil atau servariks.

Saat ini pun, Beliau masih terus melakukan penelitian. Yang terbaru, Prof. Harald meneliti kanker usus besar dan leukimia dan sampai saat ini dia masih mencari jenis virus penyebab kedua penyakit ini. “Saya ingin mencoba untuk melihat semua virus yang bisa menimbulkan kanker, supaya bisa mencegah. Hasil penelitian ini juga bisa digunakan untuk pengobatan,” tuturnya.

Sumber: pikiran-rakyat.com

Berita Terkait

IndonesiaEnglish