Fermenstation Dive in Taste

Mahasiswa Institut Teknologi Bandung jurusan Mikrobiologi menyelenggarakan Fermenstation Dive in Taste. Acara ini terdiri atas pameran makanan fermentasi berbahan dasar ikan, seminar, dan workshop. Acara ini diadakan pada 9 November 2012 di ITB Jatinangor, Jalan Winaya Mukti 1, Jatinangor pukul 08.00-17.00. Detil acara adalah sebagai berikut :

  • FermenTunnel : Pameran Makanan Fermentasi

Memamerkan makanan fermentasi berbahan dasar ikan. Yang dipamerkan adalah prototype produk, cara pembuatan, serta peranan bakteri dalam pembuatan makanan tersebut. Produk yang dipamerkan adalah ikan rusip yang berasal dari Bangka, ikan Samu, kecap ikan, saus tiram, dan terasi. Pengunjung dapat melihat produk-produk tersebut di FermenTunnel, yaitu terowongan yang berisi serba-serbi makanan fermentasi. Di dalam FermenTunnel akan terdapat mini games yang dapat dimainkan oleh pengunjung.

  • Pameran Produk Olahan

Di Fermenstation ini juga terdapat pameran produk olahan buatan mahasiswa Mikrobiologi. Produk berupa ikan Samu, ikan Rusip, terasi, dan lain-lainnya dijadikan sebagai bahan pembuatan makanan seperti nasi goreng, lumpia, pindang spread, dan berbagai macam makanan lainnya.

  • Seminar

Di acara Fermenstation in juga diselenggarakan seminar dengan tema “Standardisasi Produk Makanan”. Pembicaranya adalah Dr. Pingkan Aditiawati, Dosen Mikrobiologi Institut Teknologi Bandung, dan Irwan Hidayat, Direktur Utama Sido Muncul (dalam konfirmasi). Seminar ini gratis dan akan peserta akan mendapatkan seminar kit.

 

  • Workshop

Di acara ini diadakan workshop berupa pembuatan produk makanan fermentasi, yaitu pembuatan manisan mangga. Pendaftaran dikenakan biaya sebesar Rp 5000. Peserta workshop boleh membawa pulang hasil pekerjaan mereka.

  • Lomba Makan bagi Mahasiswa dan Pelajar

 

 

  • Musik dan Hiburan Tradisional

Selagi menikmati acara, pengunjung dapat menikmati berbagai hiburan musik live dan pertunjukan tradisional.

 

 

Free Shuttle ITB Ganesa – ITB Jatinangor – ITB Ganesa

Tidak dapat dipungkiri Jatinangor cukup jauh dari Bandung, oleh karena itu panitia menyediakan shuttle bus dari ITB Ganesa ke ITB Jatinangor bagi pengunjung yang berasal dari Bandung. Shuttle tidak dikenakan biaya. Shuttle ini tersedia tiga kali sehari.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish