Ichsan Suwandhi Tukang Gambar Tumbuhan Menjadi Ilustrator Botani Dunia dari Indonesia

Penulis: HMH-SELVA ITB

BANDUNG, SITH.ITB.AC.IDDr. Ichsan Suwandhi, Dosen MK Taksonomi Tumbuhan di Prodi Rekayasa Kehutanan SITH ITB ini menjadi inspirator penting bagi civitas akademika ITB, khususnya SITH ITB.  Dosen Pembina Kemahasiswaan Rekayasa Kehutanan ini menjadi salah satu nominator dari 30 ilustrtaor dunia dalam  ajang bergengsi ilustrasi botani international, yaitu Margaret Flockton Award and Exhibition 2018 yang diselenggarakan oleh Royal Botanic Garden di Sydney Australia.  Meskipun tidak menjuarai event tersebut, Pak Ichank (panggilan akrab dari mahasiswa) sangat senang karena menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil masuk dalam 30 daftar karya yang dipamerkan pada acara tersebut.

Hobinya yang suka menjelajah hutan dan mengenali berbagai spesies tumbuhan melalui ilmu Taksonomi Tumbuhan dan Dendrologi, semakin lengkap dengan keterampilan menggambar yang digelutinya cukup lama, menghasilkan karya-karya ilustrasi botani sebagai kolokesi sekaligus alat identifikasi yang berguna bagi dunia ilmu pengetahuan.

Ilustrasi botani merupakan karya tangan yang bernilai seni dan sainstelah digeluti Pak Ichank selama kurang lebih sepuluh tahun.  Saat ini telah berkembang ilustrasi botani beraliran warna bahkan hingga teknologi menggunakan aplikasi komputer, namun Pak Ichank tetap konsisten dengan gambar tangannya menggunakan media pensil.  Dikatakannya bahwa dengan menggambar langsung ciri-ciri detail suatu tumbuhan mampu menguatkan kemampuan pengenalan suatu jenis tumbuhan, selain itu dikatakannya bahwa conventional botanical illustration perlu dilestarikan mengingat di dunia sudah mulai langka.  Gambar pensil juga memiliki nilai seni yang tinggi menurutnya, seperti halnya yang terlihat pada buku-buku flora tua.

Dijelaskan pula bahwa suatu gambar tumbuhan hanya akan menjadi karya seni saja apabila tidak diberi identitas nama ilmiah dan detail ciri-cirinya serta dukungan deskripsi tumbuhannya. Hal ini berarti bahwa ilustrasi botani memerlukan ilmu pengetahuan botani khususnya taksonomi tumbuhan.

Saat ini Pak Ichank telah memiliki wadah yang tepat untuk mempublikasikan karya-karyanya baik di tingkat nasional maupun internasional.  Disampaikannya pula bahwa illustrator botani di Indonesia umumnya di Puslitbang Biologi LIPI yang mengelola Kebun Raya, pusat-pusat penelitian dan pengembangan di berbagai instansi pemerintah atau swasta, dan lembaga-lembaga riset lainnya.  Sedangkan di perguruan tinggi relative jarang.

Ichsan Suwandhi sangat senang dan bangga bisa memberikan dedikasinya kepada ITB dan bangsa.  Harapan besarnya adalah dapat menularkan keterampilannya kepada generasi-generasi berikutnya agar Indonesia tetap memiliki illustrator botani yang kini semakin langka. Salam Lestari.

karya-karya ilustrasi botani Ichsan Suwandhi :

 

 

Ilustrasi botani Tanaman Mengkudu (Morinda citrifolia) yang dipamerkan di Margaret Flockton Award 2018

Berita Terkait

IndonesiaEnglish