KK TEKNOLOGI KEHUTANAN SITH ITB JALIN KOLABORASI RISET DENGAN KOOKMIN UNIVERSITY

Penulis : Dr. Yayat Hidayat

Sebanyak 14 orang dosen dari Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan (KKTK) SITH ITB berkunjung ke Kookmin University di Korea Selatan selama lebih kurang satu minggu (20-27 Juli 2019). Maksud kunjungan tersebut adalah dalam rangka melaksanakan kolaborasi riset pengembangan teknologi pulp dan  kertas di tanah air, antara lain pengembangan teknologi daur ulang kertas.

Kedatangan tim KKTK disambut Kepala Departemen Forest Products and Biotechnology, Prof. Kim, Birm June, Kepala Departemen Environment, and System, Prof. Ko, Dong Wook, serta Kepala Lab.Paper Science and Environment Analysis, Prof. Kim, Hyoung Jin.

Selama berada di Korea Selatan, tim KKTK melakukan berbagai aktifitas antara lain seminar internasional, riset di laboratorium, dan kunjungan lapangan (fieldtrip). Selama di Kookmin University, rombongan tim KKTK menginap di Guest House Universitas Koomin yang berada di dalam Kampus.

Joint seminar internasional antara ITB dan Kookmin Univ. dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 23 Juli 2019. Pada kesempatan seminar tersebut tampil sebagai pembicara dari KKTK adalah Dr. Endah Sulistyawati  menyampaikan Pengenalan seputar ITB , SITH dan KKTK. Dr Tati Karliati membawakan makalah berjudul “Characteristics of pulp made of Jabon (Anthocephalus cadamba. Miq) from different tree part and ages”. Tampil juga salah satu alumni SITH (RH 2010) yang sedang studi S3 di sana yaitu Lili Melani mempresentasikan makalah berjudul “Sizing technology and its application for packaging.Pembicara dari Kookmin Univ antara lain Prof. Kim Hyoung Jin, Prof. Ko, Dong Wook, Prof. Kim, Birn June, dan Ko, Young Chan.

 

Gambar 6.  Foto Bersama seusai acara joint seminar internasional

Aktiftas riset yang didanai ITB melalui skema P3MI dilakukan dilaboratorium Paper Sciences and Environment Analysis. Kegiatan riset yang dilakukan tim peneliti KKTK yang diketuai oleh Dr. Tatai Karliati adalah melakukan pembuatan lembaran pulp (handsheets) serta pengujian sifat fisiknya (physical properties) dari serat kayu jabon (Anthocephalus cadamba). Hasil kegiatan riset tersebut dipresentasikan di laboratorium paper sciences and environment, di depan Prof. Kim, Hyoung Jin.Aspek yang dibahas dalam presentasi akhir adalah melaporkan hasil pengamatan dan diskusi hasil pengujian sifat fisik lembaran pulp jabon, rencana publikasi, serta rencana riset  tindak lanjut dari hasil karakteristik handsheet jabon.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish