KKTK Bantu Promosikan Kopi Gugeuls Via Wistikobun

Kelompok Keahlian Teknologi Kehutanan (KKTK) Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB bantu petani kopi Gunung Geulis melalui kegiatan WISTIKOBUN (Wisata Petik Kopi di Kebun) di Lahan Agrofrestri Kopi Gunung Geulis Sumedang (Sabtu 29 Mei 2021). Kegiatan tersebut merupakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) skema P2MI ITB yand didanai oleh ITB.  Tim PPM ini diketuai oleh Dr. Ir. Yayat Hidayat SHut, MSi IPM, beranggotakan Dr. Ir. Asep Suheri MT IPM, dan Dr. Atmawi Darwis MSi. Kegiatan Wistikobun diikuti oleh dosen-dosen KKTK SITH ITB, mahasiswa Rekayasa Kehutanan SITH ITB dan Komunitas Petani Kopi Gunung Geulis (KOPPI Gugeuls).

Pada masa pandemi Covid-19 ini, usaha agroforestri kopi di petani kopi Gunung Geulis sedang mengalami kelesuan. Harga pasaran buah kopi (green bean) di pasaran sangat fluktuatif. Pada tahun ini masa panen  raya kopi lebih awal dari tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya panen raya jatuh pada bulan Agustus, tetapi tahun ini panen araya sudah dimulai pada bulan Mei. Saat ini tanaman kopi milik petani kopi Gugeuls seluas lebih dari 40 ha atau sekitar 100.000 batang tengah berbuah secara serempak.   Pemanenan buah kopi dilakukan secara bertahap sesuai dengan kematangan buahnya.

Pengembangan kopi unggulan Gunung Geulis sudah dirancang oleh SITH ITB melalui serangkaian kegiatan PPM. Pada PPM tahun 2014, masyarakat diberikan pemahaman tentang penanaman kopi di sekitar Gunung Geulis dengan menerapkan pola wanatani (Agroforestry) kopi. Tujuan utama PPM ini adalah merubah perilaku masyarakat dalam bercocok tanam dari tanaman pertanian semusim ke agroforestri.   Mereka dilatih cara membuat persemaian tanaman pohon dan pembuatan bibit kopi. Tahun 2017 PPM SITH diarahkan kepada pemberdayaan masyarakat dalam teknik budidaya tanaman hutan (silvikultur) dan pemanfaatan jasa lingkungan (ecosystem services). Pada PPM tahun 2018 Komunitas Petani Kopi Gugeuls dibentuk oleh Dekan SITH. Pada PPM tahun tersebut masyarakat dilatih cara merancang pola tanam agroforestri kopi di bawah tegakan pohon  serta dilatih teknik proses pengolahan buah kopi. PPM tahun 2019 difokuskan pada pelatihan cara pengolahan limbah kopi menjadi briket arang dan asap cair. Tahun 2020, PPM difokuskan pada pengembangunan kapasitas wirausaha petani kopi. Tahun ini kegiatan PPM difokuskan kepada pemanfaatan jasa lingkungan yang terintegrasi dengan promosi dan pemasaran produk kopi. Kegiatan PPM ini sebagai wujud emphatik kepada KOPPI Gugeuls, yang mengalami kelesuan dalam upaya pemasaran panen kopi di Kebun Agroforestri Kopi di Gunung Geulis Sumedang akibat dampak pandemic Covid-19.

PPM tahun ini berjudul “Peningkatan Daya Saing Usaha Agroforestri Kopi pada Kelompok Petani Kopi Gunung Geulis Melalui Program Wisata Petik Kopi di Kebun (WISTIKOBUN)”.  Kegiatan ini bertujuan untuk (1) Melatih petani dan mahasiswa dalam mengelola kegiatan (event) Wisata Petik Kopi di Kebun (Wistikobun) di wilayah Gunung Geulis; (2) Menggalakan jalan kaki sehat sambil menikmati keindahan alam dan menumbuhkan cinta lingkungan (3) Menerapkan strategi promosi dan pemasaran hasil produk agroforestri kopi Gunung Geulis melalui kegiatan wistikobun.

Terdapat beberapa kegiatan dalam wistikobun yaitu (1) Mendengarkan penjelasan mengenai visi, misi program dari Komunitas Petani Kopi Gunung Geulis (KOPPI Gugeuls) dari ketua KOPPI Gugeuls; (2) Jalan kaki sehat menuju kebun agroforestri lebih kurang 1 km dari skretariat Forum Komunikasi Gunung Geulis (Basecamp 2); (3) Melaksanakan petik buah kopi di kebun agroforestri kopi Gunung Geulis; (4) Meninjau praktik pengolahan kopi Gugeuls ala buhun; dan (5) Menyantap liwet khas Gugeuls buatan petani kopi Gugeuls. Semua kegiatan dipandu oleh mahasiswa rekayasa kehutanan SITH TB. Acara wistikobun tersebut dimeriahkan juga dengan adanya yel-yel dan funs game.

Acara dibuka oleh ketua tim PPM SITH ITB, Dr. Ir. Yayat Hidayat S.Hut, M.Si. IPM, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua  KOPPI Gugeuls. Dalam kata sambutannya, Yayat menjelaskan bahwa PPM ini didanai dari dana Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Inovasi (P2MI) ITB tahun 2021. Kegiatan PPM ini merupakan salah satu wujud kepedulian civitas akademika SITH ITB dalam pengembangan usaha agroforestri kopi petani kopi di sekitar Gunung Geulis.  Kegiatan PPM ini juga merupakan keberlanjutan dari PPM sebelumnya yang diselenggarakan hampir setiap tahun.

Pada tahun 2018 telah terbentuk wadah Kmonitas Petani Kopi Gunung Geulis (KOPPI Gugeuls) yan diketuai oleh, Bapak Saepudin. Visi dari KOPPI Gugeuls adalah :‘Mewujudkan Indeks Geografis  Kopi Gunung Geulis  yang khas, unggul dan juara serta berdampak pada pemberdayaan ekonomi masyarakat petani kopi Gunung Geulis’. Misinya adalah: (1) Terus menerus menjaga keaslian dan kualitas kopi gunung Geulis yang ditanam di lahan Gunung Geulis melalui pola agroforestri kopi, (2) Memperbaiki kualitas pertumbuhan dan produktivitas tanaman agroforestri kopi melalui modifikasi kualitas tapak dan penggunaan bibit kopi unggul; (3) Menerapkan teknologi pengolahan pasca panen yang tepat untuk memperoleh kualitas kopi yang baik; dan (4) Membentuk system pemasaran yang efektif dan efisien serta menguntungkan  petani kopi.

Tujuan umum dari KOPPI Gugeuls adalah: (1) Meningkatkan kualitas dan produktivitas hasil tanaman kopi Gung Geulis secara bersama-sama; (2) Meningkatkan pengolahan biji kopi memalui penggunaan alat modern agar   kualitas kopinya menjadi meningkat; (3) Mengembangkan system pemasaran dan jejaring pasar yang efektif dan efisien; (4) Meningkatkan kualitas SDM anggota KOPPI Gugeuls terutama dalam hal budidaya dan teknik pengolahan kopi. Adapun program kerja KOPPI Gugeuls adalah: (1) Melakukan inventarisasi dan pemetaan tanaman kopi milik anggota; (2) Menjaga dan memelihara pertumbuhan dan produktivitas tanaman kopi; (3) Meningkatkan teknik pengolahan pasca panen kopi di wilayah Gunung Geulis; (4) Mewujudkan Indeks Gegrafis Kopi Gugeuls; dan (5) Memperluas jaringan pemasaran dan promosi kopi Gugeuls.

Kegiatan wistikobun ini memberikan manfaat baik bagi petani kopi maupun civitas akademika SITH ITB. Manfaat bagi petani antara lain (1) Sebagai media promosi dan perluasan akses pasar produk kopi Gunung Geulis; (2) Sarana pembelajaran mengelola jasa lingkungan agroforestri kopi; (3) Pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sedangkan bagi SITH ITB kegiatan wistikobun ini bermanfaat untuk (1) Mengaplikasikan ilmu dan teknologi budidaya agroforestri kopi; (2) Menjalin kemitraan yang harmonis dengan masyarakat sekitar gunung Geulis, untuk bersama-sama melestarikan hutan pendidikan Gunung Geulis; (3) Menjalankan kewajiban tridharma perguran tinggi melalui kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat.

Berita Terkait

EnglishIndonesia