Mahasiswa Rekayasa Kehutanan SITH menjuarai National Environomic and Social Talk (NEST) 2020

Tim mahasiswa dari Prodi Rekayasa Kehutanan SITH ITB (Tim Harayuk) berhasil meraih Juara 1 pada perlombaan esai nasional pada kegiatan NEST yang diadakan oleh Forest Management Students’ Club (FMSC) IPB 2020. Babak final lomba ini dilaksanakan secara online pada tanggal 6 November 2020. Tim Harayuk yang beranggotakan Putri Amalia Sholichah (11518002), Fitrotun Nisa (11518018), dan Aflah Ramma Indallah (11518043) merupakan mahasiswa dari program sarjana Rekayasa Kehutanan SITH angkatan 2018.

Dengan membawa judul “Potensi Kawasan Kampus ITB Jatinangor dan Skema Pengelolaannya untuk Meredakan Stres pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)” yang didampingi oleh Dr. Hikmat Ramdan, Tim Harayuk berhasil mendapatkan nilai tertinggi pada esai dan presentasi dengan nilai total 89,67 mengalahkan peserta dari universitas lain. Esai ini terinspirasi dari program forest healing yang digagas oleh Dr. Hikmat Ramdan. Berdasarkan gagasan tersebut Tim Harayuk mendapatkan sebuah ide berupa penerapan program tersebut pada kawasan hutan kampus ITB Jatinangor. Pada pengerjaan esai ini terdapat kendala pandemi Covid-19 sehingga diperlukan remote sensing untuk mengatasi hal tersebut. Dengan ide dan kendala yang ada, terbentuklah esai mengenai Reducing Stress Forest yang merupakan perwujudan kombinasi potensi kawasan kampus ITB Jatinangor dan penggunaan remote sensing.

NEST merupakan lomba tingkat nasional yang cukup bergengsi di kalangan mahasiswa kehutanan se-Indonesia. Diharapkan dengan berhasilnya Tim Harayuk mendapatkan juara 1, bisa diperoleh juara-juara lainnya dengan impian dapat menapakkan kaki pada PIMNAS 2021. Semoga dengan kemenangan ini juga bisa menjadi motivasi teman-teman lainnya untuk terus berkarya walaupun terhambat pandemi COVID-19.

Berita Terkait

EnglishIndonesia