Seminar Hari Bumi 2013

Rabu 24 April 2013, SITH dan FITB ITB menyelenggarakan acara seminar dalam rangka memperingati Hari Bumi 2013 di Kampur ITB Jatinangor.

Acara ini diawali dengan penanaman pohon oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan kemudian peresmian Hutan Pendidikan Gunung Geulis Jawa Barat, serta memberikan kuliah umum dengan tema “Green Earth for Better Sustainable Resources“.

Pada kesempatan tersebut Menhut menekankan konsep pembangunan ekonomi hijau (green economy development) sebagai jawaban menciptakan kesinambungan sumber daya alam dan bumi yang sehat. Kuncinya dengan upaya pemberdayaan ekonomi rakyat, pengentasan kemiskinan, perluasan kesempatan kerja, peningkatan produktivitas hutan dan perbaikan mutu lingkungan. Menhut berharap agar komunitas akademisi ITB dapat melakukan kajian yang mendalam untuk membangun bumi Indonesia semakin hijau serta mencari solusi yang cepat dan tepat demi untuk kemajuan bangsa Indonesia. ”Memang sektor kehutanan ini tidak terlepas dan sangat bergantung dengan soal teknologi, oleh karena itu kita harapkan ITB dapat menjadi pelopor dalam pengembangan soal kehutanan ini,”

Rektor ITB Prof. Ahmaloka mendampingi Menteri Kehutanan menyampaikan apresiasinya. Menurut Pak Rektor upaya penanaman kesadaran mencintai lingkungan dan pola hidup berkelanjutan sangat tepat ditanamkan sedari dini kepada para pelajar dan mahasiswa.

Pada sesi berikutnya seminar dengan judul ‘Peranan Informasi Geospasial untuk melestarikan bumi’ oleh Dr. Asep Karsidi (Kepala Badan Informasi Geospasial), ‘Peranan Indonesia dalam mengatasi Climate Changes’ oleh Agus Purnomo (Sekretaris Dewan Nasional Perubahan Iklim) dan ’Konsep Energi baru dan terbarukan menuju Green Earth’ oleh Dr. Ir. Suhyar (Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM) . Pada sesi ini seminar dimoderatori oleh Dr. Agus Dana Permana dari SITH ITB

 

 

 

 

sumber: metrotvnews.com, rri.co.id.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish