Seminar Inovasi dan Kontribusi para Peneliti ITB bagi Industri dan Masyarakat

Rabu, 31 Oktober 2012, LPPM ITB mengadakan Seminar bertema “Inovasi dan Kontribusi para Peneliti ITB bagi Industri dan Masyarakat” di Auditorium Campus Center Timur ITB.
Salah satu pembicaranya adalah Dr. Fenny Martha Dwivany, dosen SITH ITB yang baru-baru ini menerima anugerah IPTEK 2012 kategori wanita peneliti bidang biologi molekuler pada peringatan HARTEKNAS (Hari Kebangkitan Teknologi Nasional) ke-17.
Beliau memaparkan tentang keanekaragaman buah-buahan Indonesia dan kondisi lingkungan tropis Indonesia yang menjadi tantangan bagi banana group untuk menghasilkan teknologi yang sesuai untuk menunda pematangan buah. Penundaan pematangan buah adalah hal yang penting dalam bisnis buah segar dan perlu penanganan yang serius di Indonesia. Pendekatan secara biologi (perbaikan genetik) dan fisik (pengaturan kondisi lingkungan penyimpanan) telah djgunakan oleh banana group untuk menunda pematangan buah. Bekerjasama dengan institusi riset di dalam dan di luar negeri serta industri, banana group tengah mengerjakan purwarupa tempat penyimpanan buah yang bisa dibawa para penjual buah-buahan dengan mudah. Teknologi ini diharapkan dapat dikembangkan di Indonesia dan menjadi solusi alternatif untuk menunda pematangan sehingga buah bisa bertahan lebih lama. Selain proses pematangan buah pisang, sejak tahun lalu banana group juga memulai riset mengenai penyakit buah pisang.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish