Pelatihan HPLC dan Spektrofotometer

Penulis : R Detty Juwita Srimawati

BANDUNG, SITH.ITB.AC.ID – Pada tanggal 3 sampai 5 Februari 2020 Lab Instrumentasi  SITH ITB mengadakan pelatihan peralatan HPLC (High Performance Liquid Chromatography) dan Spektrofotometer. Pelatihan dibuka oleh ketua laboratorium Dr. Intan Taufik, dengan menghadirkan narasumber bapak Jeni Pratama dan bapak Wawan selaku perwakilan dari PT. Ditek Jaya.

Pelatihan diadakan sebagai pengayaan rutin bagi dosen, teknisi dan mahasiswa di lingkungan SITH. Fokus utama pelatihan adalah dasar-dasar pengoperasian serta pemeliharaan (maintenance) HPLC dan Spektrofotometer, guna menunjang kegiatan pendidikan/praktikum dan penelitian di SITH ITB. Kedua alat tersebut terbilang cukup sensitif, sehingga memerlukan pemahaman serta kemampuan handling yang baik. Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta lebih memahami peralatan yang digunakan, serta dapat memanfaatkan dan merawat kedua alat guna keperluan pengukuran pada saat praktikum maupun penelitian.

Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari dengan kegiatan pada hari pertama, pemaparan teori mengenai dasar-dasar kromatografi, khususnya HPLC, termasuk pengenalan alat dan juga pemeliharaannya. Pada hari kedua, peserta diajak secara langsung melihat HPLC untuk praktek, diawali dengan pengenalan kolom, injeksi sampel serta pengolahan data. Pada hari ketiga, kegiatan pelatihan secara khusus membahas Spektrofotometer UV-Vis, dilanjutkan praktek penggunaan alat serta pengolahan data setelah menggunakan spektrofotometer tersebut.

Melalui pelatihan tersebut diharapkan civitas akademika SITH ITB dapat menggunakan alat instrumen sebaik mungkin, guna menunjang kegiatan belajar-mengajar dan juga penelitian.

Berita Terkait

EnglishIndonesia