Pemanfaatan Serbuk Gergajian Kayu Hutan Rakyat sebagai Bahan Baku Pembuatan Pellet Kayu untuk Energi Alternatif Masa Depan

SITH ITB Melatih Perwakilan Masyarakat dari 8 Desa di Sekitar Hutan Pendidikan Gunung Geulis ITB, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Dosen Kelompok Keahlian (KK) Teknologi Kehutanan, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB melakukan pelatihan pengembangan teknologi konversi biomassa menjadi bioenergi kepada masyarakat. Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) tersebut dilakukan di kampus ITB Jatinangor beberapa waktu yang lalu, 28-29 September. Diikuti oleh 25 orang perwakilan masyarakat dari delapan desa di sekitar hutan pendidikan Gunung Geulis ITB Kabupaten Sumedang, Jawa-Barat. Kedelapan desa tersebut meliputi tiga desa di Kecamatan Jatinangor (Desa Jatiroke, Jatimukti dan Cisempur), empat desa di Kecamatan Cimanggung (Desa Mangunarga, Cikahuripan, Cinanjung dan Sawahdadap) dan satu desa di Kecamatan Tanjungsari (Desa Raharja).
Topik pelatihan yang diangkat yaitu “Pemanfaatan Serbuk Gergajian Kayu Hutan Rakyat sebagai Bahan Baku Pembuatan Pelet Kayu untuk Energi Alternatif Masa Depan.” Dalam pelaksanaan PPM tersebut, setiap desa diwakili oleh tiga orang peserta yang merupakan perwakilan dari karang taruna, petani, tokoh masyarakat, serta ditambah perwakilan dari forum komunikasi Gunung Geulis.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh SITH ITB.
Profile: Dr. Sutrisno
Kegiatan ini didukung oleh @itb1920 dan @lppm_itb

Berita Terkait

EnglishIndonesia