Pembukaan Online Course dengan Tema Conservation Biology “Tropical Biodiversity: Bioprospecting and Conservation”

BANDUNG, SITH.ITB.AC.ID – Selasa, 10 November 2020, SITH ITB menyelenggarakan pembukaan program kuliah daring (online course) dengan tema Conservation Biology “Tropical Biodiversity: Bioprospecting and Conservation”, melalui platform online meeting Zoom. Pembukaan kelas daring tersebut merupakan bentuk dukungan nyata SITH ITB terhadap program Kampus Merdeka yang sedang digalakkan oleh pemerintah Indonesia. Program online course ini resmi dibuka oleh Dekan SITH ITB, Dr. Endah Sulistyawati. Acara ini dihadiri juga oleh Dr. R. Mohammad Rachmat Sule selaku Kepada Sub. Direktorat Pendidikan Berkelanjutan, Kementrian Pendidikan Republik Indonesia yang memberikan sambutan pembuka dari pihak pemerintahan. Turut hadir Prof. Toshiro Yamada, Prof. Tati Suryati Syamsudin, Dr. Devi Nandita Choesin, Dr. Ichsan Suwandi, dan Ibu Novasyurahati selaku pembiacara tamu (guest lecturers), serta Prof. Eizi Suzuki dan beberapa dosen SITH ITB selaku tamu undangan.

Setelah resmi dibuka mulai pukul 15.00 WIB, acara dilanjutkan dengan penjelasan umum kelas daring, games interaktif, dan sesi pemaparan materi kuliah yang pertama hingga pukul 17.00 WIB. Dr. Dian Roselain selaku ketua pelaksana program kuliah daring memberikan pemaparan umum berkenaan dengan program tersebut. Beberapa informasi yang disampaikan, di antaranya mengenai jumlah peserta kuliah daring yang mencapai 111 orang dari berbagai latar belakang. Sebanyak 16 orang peserta merupakan mahasiswa asing yang berasal dari beberapa negara, seperti Inggris, Malaysia, Jepang, Brunei Darussalam, Cyprus, Lithuania dan juga Nepal. Sementara 68 orang peserta berasal dari perguruan tinggi lain di Indonesia dan 27 orang peserta lainnya merupakan mahasiswa dari ITB.

Materi pertama disampaikan oleh Prof. Tati Suryati Syamsudin mengenai Overview of Tropical Ecology disertai sesi diskusi. Acara pembukaan dan pertemuan pertama kuliah daring ditutup dengan pengumuman oleh tim panitia. Dengan adanya pembukaan kuliah daring dengan tema besar Biologi Konservasi yang diselenggarakan oleh SITH ITB, diharapkan mampu memberikan wawasan baru dan semangat kepada mahasiswa peserta kelas untuk mendukung sustainable development goals terutama di bidang lingkungan hidup, meskipun dilaksanakan secara daring di masa pandemi yang sedang dihapadi sekarang ini.

Selasa, 10 November 2020 – Mochamad Firmansyah dan Roya Suffah Zein

Berita Terkait

EnglishIndonesia